Semakin Canggih! AI Bisa Deteksi Potensi Gempa Bumi dengan Tingkat Akurasi Mencapai 70 Persen

Semakin Canggih! AI Bisa Deteksi Potensi Gempa Bumi dengan Tingkat Akurasi Mencapai 70 Persen

Canggihnya AI Bisa Deteksi Potensi Gempa dengan Tingkat Akurasi Mencapai 70 Persen-rawpixel.com-Freepik

“Ini hanya masalah milidetik, dan satu-satunya hal yang dapat Anda kendalikan adalah seberapa siap Anda. Bahkan dengan angka 70 persen, hal ini merupakan hasil yang sangat besar dan dapat membantu meminimalkan kerugian ekonomi dan korban jiwa serta berpotensi meningkatkan kesiapsiagaan gempa bumi secara signifikan di seluruh dunia.”

Para peneliti mengatakan metode mereka berhasil dengan mengikuti pendekatan pembelajaran mesin yang relatif sederhana. AI diberi serangkaian fitur statistik berdasarkan pengetahuan tim tentang fisika gempa bumi, kemudian diminta untuk melatih dirinya sendiri berdasarkan database rekaman seismik selama lima tahun.

Setelah dilatih, AI memberikan ramalannya dengan mendengarkan tanda-tanda gempa bumi yang akan terjadi di tengah gemuruh latar belakang Bumi.

Para peneliti yakin bahwa di tempat-tempat dengan jaringan pelacakan seismik yang kuat seperti California, Italia, Jepang, Yunani, Turki, dan Texas, AI dapat meningkatkan tingkat keberhasilannya dan mempersempit prediksi hingga beberapa puluh mil saja.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: