Bank Indonesia Siapkan Uang Tunai Rp 195 Triliun untuk Penukaran Uang Lebaran

Bank Indonesia Siapkan Uang Tunai Rp 195 Triliun untuk Penukaran Uang Lebaran

BI sipakn uang tunai menjelang lebaran 2023-@bank_indonesia-Instagram

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Bank Indonesia telah menyiapkan uang baruan tunai sebesar Rp 195 Triliun dimana biasanya orang mencari uang baruan untuk kebutuhan lebaran.

Biasanya, saat lebaran orang orang menyerbu uang kaku dan baruan untuk memberikan thr kepada anak dan saudara yang usianya masih kecil.

Hal tersebut dibenarkan oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Aida S Budiman saat melakukan jumpa pers.

BACA JUGA:Maia Estianty Punya Kriteria Menantu Idaman: 'Jangan Gak Ada..'

Aida juga mengatakan bahwa pasokan uang tunai yang disediakan BI adalah uang yang layak

"BI memastikan pasokan uang tunai layak edar jumlahnya cukup yaitu Rp 195 triliun. Angka ini tumbuh dibandingkan tahun lalu sekitar 8,22%," jelas Aida dalam konferensi pers Kamis, 16 Maret 2023.

Aida menambahkan tahun lalu BI menyediakan pasokan uang tumai yang disediakan Rp 175 triliun dalam untuk menyambut lebaran 2022 dikarenakan pertumbuhan ekonomi yang membaik.

Selain itu, tradisi mudik pada lebaran tahun ini akan kembali berjalan. Apalagi, pemerintah sudah meniadakan status PPKM seperti tahun sebelumnya.

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele, Ini Pentingnya Pemeriksaan Pap Smear pada Wanita yang Berusia di Atas 21 Tahun!

Untuk periode lebaran tahun ini, BI juga memperluas kerja sama dengan perbankan. Di mana bakal ada 5.066 titik penukaran uang yang disediakan di seluruh Indonesia.

Kemudian khusus di Jabodebek ada 599 titik yang disediakan dengan ketersedian uang tunai sekitar Rp 48,2 triliun. Adapun layanan penukaran uang tunai ini akan dibuka pada 20 Maret sampai 20 April 2023.

"Kalau ada uang di perbankan, ambil uangnya terus tukarkan uang baru. Nanti ada paket Rp 3,8 juta yang isinya dari (pecahan) Rp 20 ribu sampai Rp1.000 Satu paket satu orang," jelasnya.

Selain kerja sama dengan perbankan, BI akan membuka penukaran uang melalui layanan kas keliling, terutama di wilayah 3 T dan pusat keramaian lainnya.

BACA JUGA:Waduh! Deddy Corbuzier Blak-Blakan Sebut Pejabat yang Hadir di Podcastnya Sering Menyaring Pertanyaan: 'Gue Pernah Nge-test'

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: