Kenali 5 Warna Ingus yang Dapat Gambarkan Kondisi Kesehatanmu, Ini Perbedaannya

Kenali 5 Warna Ingus yang Dapat Gambarkan Kondisi Kesehatanmu, Ini Perbedaannya

arti warna ingus--pexels

2. Warna Putih

Perubahan warna dari bening ke putih dipicu oleh berkurangnya kelembapan di dalam hidung, penyebabnya adalah infeksi virus, seperti pilek atau flu.

BACA JUGA:Anda Sakit Gigi? Berikut 3 Cara Mengatasinya

BACA JUGA:Gampang Ditemui, Berikut Lima Obat Alami untuk Atasi Gusi Bengkak dan Sakit Gigi

Selanjutnya, tubuh memproduksi lebih banyak lendir guna membersihkan saluran pernapasan dari patogen tersebut dan kemudian akan mengeluarkannya dalam bentuk ingus.

3. Warna Kuning atau Hijau

Hal ini menandakan infeksi dari virus penyebab flu dan pilek sedang berkembang di area hidung, sel imun yang kalah akan terbawa bersama ingus yang dapat mengubah warna putih menjadi kuning kehijauan.

Perubahan warna ingus dari putih ke kuning kehijauan merupakan pertanda baik karena tubuh sedang dalam proses pemulihan diri.

BACA JUGA:Kapolri Kumpulkan Pejabat Polri dan Kapolda Seluruh Indonesia, Bahas Apa?

BACA JUGA:Sah! Joe Biden Resmikan UU 'Respect for Marriage Act' Tentang Perlindungan Pernikahan LGBTQ

4. Warna Merah Muda atau Merah

Ingus merah muda atau merah menjadi pertanda adanya perdarahan, kondisi ini merupakan pertanda adanya kerusakan pada jaringan hidung. Penyebabnya yakni iritasi, bersin terlalu keras, benturan atau lapisan hidung yang terlalu kering.

5. Warna Cokelat atau Hitam

Ingus berwarna kecoklatan atau kehitaman umum terjadi pada perokok atau juga bisa menjadi pertanda penggunaan obat-obatan terlarang.

Jika bukan keduanya, penyebabnya yakni infeksi pada pemilik sistem kekebalan tubuh yang rendah, seperti pengidap HIV/AIDS atau sakit kanker.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: