Dilarang Tampil di Kualifikasi Piala Eropa dan Piala Dunia, Ulah Putin?

Dilarang Tampil di Kualifikasi Piala Eropa dan Piala Dunia, Ulah Putin?

Presiden Putin -Sputnik Kremlin-Mikhail Metzel

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Keputusan Presiden Putin yang menginvasi Ukraina turut berdampak ajang sepakbola dunia tersebut.

Sementara Banding yang disampaikan Rusia untuk larangan bertanding dan mengikuti kompetisi UEFA sudah ditolak oleh CAS pada Juli lalu.

Belum lama ini UEFA merilis pemberitahuan bahwa Rusia tidak disertakan dalam pengundian kualifikasi Euro 2024.

Parahnya sanksi itu, sampai-sampai klub-klub Rusia dilarang mengikuti kompetisi internasional. 
BACA JUGA:Mahfud MD Sebut Kapolri tegas dalam Kasus Ferdy Sambo hingga Ancaman Hukuman Mati
Keputusan itu berlaku awal tahun untuk Timnas Rusia plus klub. Ini dampak dari invasi ke Ukraina yang belum juga surut hingga hari ini, Rabu 21 September 2022.

“UEFA menangguhkan Timnas Rusia bersama klub-klub yang ada. Keputusan ini telah dikeluarkan oleh Komite Eksekutif UEFA pada 28 Februari 2022 yang ditindaklanjuti oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga pada 15 Juli 2022,” demikian disampaikan badan sepak bola Eropa dikutip dari AFF.  

Secara otomatis dengan adanya pemberitahuan ini Rusia masuk dalam undian kualifikasi Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA 2022-2024.

Selain kualifikasi kejuaraan sepak bola Eropa UEFA 2022-2024 Rusia juga dilarang mengikuti menjadi peserta Piala Dunia Qatar dua bulan ke depan oleh FIFA.
BACA JUGA:Tanggapi Kesiapan Anies Baswedan Maju di Pilpres 2024, Ini Kata Ketua Umum PBNU Said Aqil...

+++++
Padahal Rusia telah lolos ke babak play-off kualifikasi Eropa.

Kabar itu juga datang dari Tim putri Rusia. Belakangan dikeluarkan dari Euro tahun ini yang berlangsung di Inggris dan tempat mereka diambil oleh Portugal.

Seperti diketahui Jerman akan menjadi tuan rumah Piala Eropa 2024. Even akbar itu akan berlangsung 9 Oktober di Frankfurt.

Akibat dibatalkannya Rusia sebagai peserta kualifikasi Piala Eropa dan Piala Dunia tahun ini, jelas menjadi pukulan bagi Presiden Putin. Apalagi sepakbola menjadi olahraga favorit negara tersebut. 

Sumber:

(edited)