Jarang Disadari, 5 Ciri-ciri Diabetes Ini Wajib Diwaspadai Sebelum Terlambat

Jarang Disadari, 5 Ciri-ciri Diabetes Ini Wajib Diwaspadai Sebelum Terlambat

Ciri-ciri mengalami diabetes--Pixabay/Myriams-Fotos--

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID – Salah satu penyakit yang menyebabkan angka kematian di Indonesia ialah diabetes.

Parahnya, para penderita diabetes, khususnya diabetes tipe 2 memang sering kali tidak merasakan gejala awal loh people! Mereka baru mengetahui kondisi mereka setelah melakukan pemeriksaan gula darah secara tidak sengaja.

Dikutip dari PMJ NEWS, berikut adalah beberapa ciri-ciri diabetes yang perlu diwaspadai:

1. Sering Buang Air Kecil

Apakah akhir-akhir ini Anda sering bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil? Jika ya, ada baiknya Anda waspada. 

Pasalnya, sering buang air kecil adalah salah satu ciri-ciri diabetes.Gejala ini semakin kuat menandakan diabetes jika terjadi di malam hari, bahkan hingga membuat Anda sering terbangun tengah malam untuk ke toilet.

2. Gampang Haus

Selain sering buang air kecil, gejala diabetes yang khas adalah gampang haus (polidipsia). 

Rasa haus sebagai ciri-ciri diabetes ini beda dengan haus biasanya karena tidak akan hilang walaupun Anda sudah minum. Kok bisa? Ini sebenarnya masih ada hubungannya dengan gejala sering pipis. 

Anda merasa selalu haus karena tubuh Anda membutuhkan asupan cairan lebih banyak untuk menggantikan air yang terbuang lewat urine.

BACA JUGA:Lakukan Kebiasaan ini, Disinyalir dapat Memperpanjang Umur

+++++

3. Merasa Cepat Lapar

Cepat lapar adalah ciri-ciri diabetes yang paling umum, tapi sering disepelekan. Biasanya ini terjadi saat Anda baru saja makan berat.

Di dalam tubuh, makanan diubah menjadi glukosa. Glukosa kemudian akan digunakan sebagai sumber energi bagi setiap sel, jaringan, dan organ tubuh Anda. Nah, hormon insulin bertanggung jawab untuk menjalankan proses ini.

Orang diabetes memiliki masalah dengan produksi insulin ataupun kemampuan tubuh dalam merespons insulin. Akibatnya, proses perubahan glukosa menjadi energi pun terhambat.

4. Berat Badan Turun Drastis

Selain selalu ingin makan, berat badan yang turun drastis bisa jadi ciri-ciri diabetes. Berat badan dikatakan turun drastis jika penurunannya kira-kira telah lebih dari 5% berat badan total Anda. Apalagi jika Anda tidak sedang diet.

Normalnya, tubuh akan menggunakan glikogen (glukosa) sebagai sumber energi. Namun, karena masalah insulin tak mampu memproses perubahan glukosa menjadi energi, tubuh mulai “mencari” sumber lain dari tubuh, yaitu protein.

BACA JUGA:Ternyata Simpel! Yuk Turunkan Berat Badan Dengan 4 Kebiasaan Pagi Ini

+++++

Tubuh akan terus berusaha memecah lemak dan otot untuk dijadikan energi. Nah, pemecahan otot dan lemak inilah yang membuat Anda mengalami penurunan berat badan dan membuat diabetesi menjadi kurus.

5. Luka yang Susah Sembuh

Infeksi, bekas gigitan serangga, memar, atau luka diabetes yang tak kunjung sembuh bisa jadi salah satu gejala diabetes. Kondisi ini terjadi karena tingginya kadar gula darah sehingga menyebabkan dinding pembuluh darah arteri menyempit dan mengeras.

Akibatnya, aliran darah kaya oksigen dari jantung menuju seluruh tubuh jadi terhambat. Padahal, bagian tubuh yang mengalami luka sangat memerlukan oksigen dan nutrisi yang terkandung dalam darah supaya lekas sembuh.

 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: