Kenali Gejala Badan Terasa Lelah Setelah Bangun Tidur

Kenali Gejala Badan Terasa Lelah Setelah Bangun Tidur

ilustrasi bangun tidur-istimewa-google

Stres dan depresi merupakan salah satu penyebab utama badan merasa kelelahan meskipun setelah tidur yang cukup. Saat badan tertidur, otak masih akan terus berpikir sehingga tubuh ikut merasa lelah.

BACA JUGA:Polisi Berhasil Amankan 8 Joki SBMPTN, Pasang Tarif Rp 100 Juta hingga Rp 400 Juta

Meskipun seseorang terlihat bisa tertidur nyenyak, namun bisa saja ia tidak mendapatkan tidur berkualitas yang akan membuatnya lelah saat bangun.

4. Minum Kafein atau Alkohol

Kafein bisa memblokir kimia pengontrol tidur di otak. Tucker menjelaskan, beberapa orang mencerna kafein lebih lambat daripada yang lain.

Konsumsi alkohol juga bisa mengganggu tahap tidur REM, yang mencegah Anda memasuki tidur nyenyak yang diperlukan untuk pemulihan. Itu sebabnya Tucker tak merekomendasikan kedua zat tersebut hingga empat jam sebelum tidur.

+++++

5. Gangguan tidur

Gangguan tidur seperti insomnia dan sleep apnea obstruktif biasanya mengganggu kualitas tidur. Orang dengan sleep apnea khususnya cenderung merasa lelah bahkan setelah tidur semalaman.

Tanda-tanda utama sleep apnea adalah mendengkur berat dan kantuk di siang hari. Anda perlu melakukan tes tidur untuk mendiagnosa.

Berikut Tips yang dapat diterapkan agar mendapatkan kualitas tidur yang baik.

BACA JUGA:Apa Itu Fenomena Kemarau Basah? Berikut Penjelasan dari BMKG

-Usahakan untuk tidur siang sekitar 20 menit setiap harinya guna membantu mengurangi rasa lelah yang timbul akibat gangguan tidur.

-Usahakan untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya.

-Lakukan olahraga yang bisa meningkatkan kualitas tidur, seperti berenang, jogging, atau tai chi.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber