DAS Tondano dan Tiga Sungai di Manado Meluap, Banjir Mengepung Permukiman, 2 Warga Dinyatakan Tewas

DAS Tondano dan Tiga Sungai di Manado Meluap, Banjir Mengepung Permukiman, 2 Warga Dinyatakan Tewas

Ilustrasi: Meminta pertolongan saat banjir-Postingnews.id-

Sebagai upaya percepatan penanganan banjir dan longsor itu, BPBD Kota Manado telah memberikan bantuan logistik berupa perlengkapan keluarga, tikar, sabun, hand sanitizer, selimut, perlengkapan bayi dan dapur.

+++++

BPBD Kota Manado juga terus berkoordinasi dengan lintas terkait untuk asesmen lanjutan hingga pembersihan material lumpur dan sampah yang terbawa banjir.

Sementara itu, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi di wilayah Kota Manado dan sekitarnya hingga Senin 7 Maret 2022), menurut informasi prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari PhD mengimbau kepada seluruh komponen pemangku kebijakan di daerah dan masyarakat agar dapat mengantisipasi adanya potensi bencana susulan yang dapat dipicu oleh faktor cuaca.

Untuk kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana susulan, masyarakat di sekitar lereng tebing dan sepanjang aliran sungai agar evakuasi sementara jika terjadi hujan menerus dengan intensitas tinggi selama lebih dari satu jam.

"Juga perlu diperhatikan kondisi debit sungai dan hindari lereng curam yang minim vegetasi," terang Abdul Muhari.   

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: bnpb