AWAS! Jangan Kenakan Baju dengan 3 Warna Ini Saat Cuaca Panas

AWAS! Jangan Kenakan Baju dengan 3 Warna Ini Saat Cuaca Panas

Warna pakaian yang dihindari saat panas-stockking-Freepik

BACA JUGA:Mau Ganti Oli Motor? Ini 5 Rekomendasi Oli Terbaik dan Tahan Lama Buat Si Matic

1. Hitam

Tidak diragukan lagi bahwa pakaian berwarna hitam memiliki kecenderungan untuk menyerap panas lebih banyak daripada warna lainnya. 

Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Ichinose dan timnya telah menguak fakta ini dengan melakukan serangkaian eksperimen yang menarik. 

Dalam penelitian mereka, mereka mengekspos berbagai jenis kaos dengan beragam warna di bawah teriknya sinar matahari dengan suhu udara mencapai sekitar 30 derajat Celsius. 

BACA JUGA:Waspada DBD Pada Si Kecil, Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat!

Hasil dari eksperimen tersebut sangat menarik, kaos berwarna hitam menunjukkan suhu yang paling tinggi, melampaui 30 derajat Celsius, sementara kaos berwarna putih mempertahankan suhu paling rendah, yaitu 30 derajat Celsius.

Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa warna hitam tidak efisien dalam memantulkan radiasi matahari, dan justru cenderung menyerap panas dengan intensitas yang lebih tinggi. 

Temuan ini sejalan dengan pemahaman yang telah umum, bahwa pakaian berwarna gelap seperti hitam dapat membuat penggunanya merasa lebih panas saat berada di bawah sinar matahari. 

Oleh karena itu, bagi yang ingin menjaga kenyamanan tubuh saat beraktivitas di bawah sinar matahari, memilih pakaian dengan warna yang lebih cerah dan terang bisa menjadi alternatif yang lebih cerdas.

BACA JUGA:Hati-hati! Ini 3 Tanda Mesin Cuci Sudah Harus Diganti

2. Biru

Disarankan untuk menghindari penggunaan pakaian berwarna biru, terutama nuansa biru tua yang dikenal sebagai navy, saat cuaca panas. 

Meskipun warna biru sering dikaitkan dengan kesan sejuk, namun sebenarnya seperti halnya warna hitam, warna biru juga memiliki kemampuan untuk menyerap panas. 

Ini dapat menyebabkan pemakainya merasa lebih gerah, meskipun awalnya warna biru mungkin terkesan memberikan kesan sejuk.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: