Bisakah Makan Terlalu Banyak Protein Membuat Perut Sembelit? Ini Jawabannya

Bisakah Makan Terlalu Banyak Protein Membuat Perut Sembelit? Ini Jawabannya

Bisakah Makan Terlalu Banyak Protein Membuat Perut Sembelit-jcomp-Freepik

BACA JUGA:5 Makanan Pengganti Nasi untuk Diet, Mulai Dari Beras Merah Hingga Kentang

Beberapa bubuk protein mengandung serat, namun banyak juga yang tidak. Bubuk protein juga mungkin tinggi kalori dan gula. Untuk mengetahui apa yang Anda dapatkan dari suplemen makanan apa pun, termasuk bubuk protein, selalu periksa labelnya.

Mengapa terlalu banyak protein bisa menyebabkan sembelit?

Dilansir dari laman Heathline, protein menyebabkan sembelit jika makanan Anda tidak mengandung cukup serat dan cairan. Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak protein hewani, Anda mungkin mengonsumsi lebih sedikit makanan berserat tinggi.

Tidak apa-apa makan banyak protein. Ini mungkin hanya menjadi masalah jika Anda mengganti makanan kaya serat, seperti sayuran dan kacang-kacangan, dengan protein hewani.

BACA JUGA:7 Menu Sehat untuk Makan Malam Saat Diet, Tidak Bikin Gemuk

Tidak ada keraguan bahwa protein memberikan manfaat kesehatan yang penting. Protein mengandung asam amino yang dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot dan tulang. Protein juga diperlukan untuk kesehatan hormonal. Mengonsumsi protein membuat Anda merasa kenyang dan mengatur gula darah, yang dapat membantu saat Anda mencoba menurunkan berat badan.

Mengonsumsi terlalu banyak protein hewani memiliki dampak buruk jika Anda tidak menyeimbangkan asupan protein tinggi dengan makanan lain. Hal ini dapat merusak kesehatan usus dan menyebabkan gejala seperti sembelit, gas, dan diare.

Mengosongkan usus secara teratur (“buang air besar”) diperlukan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan dan fungsi saluran pencernaan yang optimal. Buang air besar setiap hari, atau setidaknya tiga kali seminggu (dua hari sekali), adalah cara tubuh Anda membuang racun dan produk limbah.

Jika Anda mengalami konstipasi, Anda berisiko mengalami komplikasi serius, seperti perforasi usus atau impaksi tinja.

BACA JUGA:Gurucharan Singh Hilang Sejak 22 April 2024, Terakhir Kali Mengalami Kesulitan EKonomi?

Apa yang dapat Anda lakukan jika Anda mengalami sembelit akibat diet tinggi protein?

Jika buang air besar Anda menjadi tidak teratur dan Anda curiga bahwa pola makan tinggi protein adalah penyebabnya, menambahkan serat dan cairan ke dalam pola makan Anda akan membantu.

Sembelit bisa membuat Anda merasa lesu. Namun meningkatkan tingkat aktivitas fisik dapat membantu buang air besar Anda lebih leluasa.

Penggunaan obat bebas yang dapat mengurangi sembelit sesekali mungkin bermanfaat. Ini termasuk obat pencahar pembentuk massal dan pelunak tinja. Dapatkan persetujuan ahli kesehatan Anda terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang hamil atau memiliki kondisi mendasar seperti diabetes atau penyakit ginjal.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: