Bahaya Anemia, Pahami Risiko dan Cara Mencegahnya

Bahaya Anemia, Pahami Risiko dan Cara Mencegahnya

Bahaya anemia-kjpargeter-Freepik

BACA JUGA:Puluhan Orang di Thailand Tewas Karena Suhu Panas yang Sangat Ekstrem

2. Kelelahan Kronis

Kondisi kelelahan yang kronis terjadi karena kurangnya sel darah merah atau hemoglobin dalam tubuh, yang menghambat pengiriman oksigen yang memadai ke seluruh tubuh.

Pada akhirnya, mereka mungkin merasa lelah dan lemas bahkan setelah beristirahat yang cukup, hingga akhirnya kelelahan yang kronis ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dan juga produktivitas.

Bahkan aktivitas ringan seperti berjalan atau naik tangga bisa terasa melelahkan bagi mereka yang menderita anemia, kelelahan yang terjadi terus-menerus juga bisa memengaruhi aspek emosional dan mental, seperti mood dan motivasi, sehingga menurunkan kualitas hidup secara keseluruhan.

BACA JUGA:Kenali 3 Penyakit yang Bisa Sebabkan Kepala Sering Pusing, Gangguan Cemas Termasuk?

3. Menyebabkan Gangguan Pada Jantung

Jika tidak ditangani dengan baik, anemia bisa memberikan beban tambahan ke jantung karena harus memompa darah lebih keras untuk mengatasi kurangnya oksigen dalam darah.

Akibatnya, orang yang menderita anemia punya risiko lebih tinggi terkena berbagai masalah jantung, seperti aritmia atau detak jantung tidak teratur, yang bisa meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke, selain itu kelelahan yang kronis akibat anemia juga membuat jantung bekerja lebih keras dan meningkatkan risiko terkena gagal jantung.

Beberapa studi menunjukkan hubungan antara anemia dan masalah jantung, yaitu kondisi anemia yang menyebabkan kurangnya oksigen dalam darah bisa mengganggu fungsi jantung dan mempengaruhi ritme serta kekuatan kontraksi jantung yang bisa menyebabkan terjadinya aritmia atau detak jantung tidak teratur, yang merupakan faktor risiko yang signifikan untuk penyakit jantung koroner dan komplikasi jantung lainnya.

BACA JUGA:Bukannya Senang, Mpok Alpa Malah Stress Saat Tahu Dirinya Hamil Anak ke-3

4. Menyebabkan Kerusakan Organ

Kurangnya oksigen dalam tubuh untuk jangka panjang juga bisa menyebabkan kerusakan pada organ tubuh, termasuk hati, ginjal, dan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, kondisi ini juga bisa meningkatkan risiko terkena infeksi karena sistem kekebalan tubuh yang melemah akibat kekurangan oksigen.

Kerusakan organ tubuh yang disebabkan anemia bisa menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan, misalnya, kerusakan pada hati atau ginjal bisa mengganggu fungsi metabolisme dan pembuangan racun dari tubuh, selain itu, penurunan fungsi sistem kekebalan tubuh juga bisa membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi bakteri, virus, dan jamur.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: