Jangan Denial! Ini Tanda-tanda Hubungan Toxic Dalam Pertemanan, Percintaan dan Keluarga

Jangan Denial! Ini Tanda-tanda Hubungan Toxic Dalam Pertemanan, Percintaan dan Keluarga

ciri ciri hubungan toxic-freepik-Freepik

BACA JUGA:Rekor! Harga Emas Antam Tembus di Angka Tertingginya

3. Tidak Bisa Menjadi Diri Sendiri

Saat berada dalam suatu hubungan percintaan, pertemanan atau keluarga yang sudah tidak sehat, kamu tidak bisa menjadi seperti apa adanya dirimu, kamu akan melakukan sesuatu yang bertolak belakang dengan dirimu dan kamu akan lebih mengikuti bagaimana orang tersebut mendikte dirimu.

Kontrol yang dilakukan oleh pihak lain membuat kamu sulit untuk mengekspresikan diri, tapi kamu merasa tidak sanggup untuk berhenti karena mereka adalah orang yang berharga didalam hidup kamu.

Kalau kamu sudah merasa kehilangan jati diri karena dipaksa mengikuti kemauan pihak lain, segeralah cari pertolongan dari orang yang kamu percaya.

BACA JUGA:Dampak Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Remaja

4. Tidak Dipercaya

Dalam setiap hubungan harusnya kepercayaan adalah hal utama yang dimiliki oleh setiap individu.

Pada toxic relationship ini salah satu pihak akan selalu mencurigai pihak lainnya, mereka berpikir kamu melakukan sesuatu hal yang salah bahkan tidak terpuji ketiks mereka tidak ada disisi kamu.

Hal yang biasanya dilakukan adalah memeriksa handphone dengan paksa bahkan menyitanya, melarang kamu bertemu dengan orang tertentu, atau bahkan dalam ranah pertemanan kamu akan dituduh sebagai pihak yang melakukan kesalahan dan menyebarkan rumor tentang pihak lainnya.

BACA JUGA:Mau Traveling, Tapi Bingung Caranya? Ini yang Bisa Dilakukan Para Pemula

5. Banyak Terjadi Pertengkaran

Pertengkaran menjadi tolak ukur apakah hubungan ini berada di sisi toxic atau bukan, kalau saat terjadi pertengkaran pihak lain melakukan playing victim, gaslighting bahkan kekerasan ini merupakan indikasi toxic relationship baik itu dalam pertemanan, percintaan maupun keluarga.

Pertengkaran yang terjadi bahkan bisa disebabkan karena masalah kecil yang dibesar-besarkan oleh pihak pelaku dan membuat kamu jadi satu-satunya pihak yang bersalah.

Ketahuilah bahwa banyaknya pertengkaran yang terjadi dimasa ini kemungkinan besar bisa berdampak pada kondisimu, misalnya meninggalkan luka dan trauma, jadi segeralah keluar dari lingkaran ini.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: