Gerhana Matahari Total Terjadi Hari Ini 8 April 2024, Bagaimana Islam Memandangnya?

Gerhana Matahari Total Terjadi Hari Ini 8 April 2024, Bagaimana Islam Memandangnya?

Gerhana Matahari Total Terjadi Hari Ini 08 April 2024, Bagaimana Islam Memandangnya?---Pixabay

- Dampaknya Terjadinya Gerhana Matahari Total

Gerhana Matahari Total ini memberikan dampak penurunan suhu bumi sekitar 2,8 sampai 5,6 derajat Celcius.

Pada saat peristiwa ini terjadi hewan-hewan akan terlihat berkelakuan aneh, mereka bisa menjadi sangat tenang dan berperilaku sebagaimana malam hari telah datang.

Ledakan matahari juga akan terlihat saat proses menuju puncak gerhana terjadi. Ledakan tersebut terjadi karena ada aktivitas internal yang ada di matahari dan memberikan dampak gangguan badai magnet bumi pada daerah lintang tinggi.

BACA JUGA:ALVA Experience Center Hadir di Bekasi, Adakan Fasilitasi Game Changers Agar Mobilisasi Semakin Nyaman!

- Bagaimana Islam Memandang Gerhana Matahari Total?

Islam memandang fenomena ini sebagai tanda dan bukti kebesaran dari Allah SWT.

Pada saat fenomena ini terjadi umat Islam yang berada di tempat dilewatinya gerhana dianjurkan untuk melakukan sholat kusuf atau sholat gerhana, tapi kita yang berada di Indonesia tidak perlu melakukannya karena gerhana ini tidak terjadi di Indonesia.

Adapun kaitan fenomena gerhana kali ini dengan kiamat itu tidaklah benar karena gerhana penanda kiamat segera terjadi akan terjadi di tiga tempat, sebagai manusia biasa kita tidak bisa mengetahui kapan dan dimana kedua peristiwa itu akan terjadi.

BACA JUGA:GIIAS 2024 Bakal Tampil Beda, Ada Tambahan Hall Baru dan Hadir di Bulan Juli Mendatang!

- Hal Apa Yang Bisa Kita Lakukan Saat Terjadi Gerhana

Sebagai umat Islam pastilah kita diajarkan untuk banyak berdo'a, berdzikir dan sholat gerhana pada saat melihat hal tersebut, hal yang menunjukkan kebesaran Allah SWT diluar kemampuan kita sebagai manusia.

Kalau kamu sedang berada di negara yang akan dilalui oleh gerhana hari ini, ingatlah untuk melihatnya melalui lensa kamera, teropong ataupun teleskop, jangan melihatnya langsung dengan mata tanpa pelindung karena dapat menyebabkan cedera mata yang parah.

Kamu juga bisa memberikan pengetahuan baru pada anak-anak mengenai gerhana yang jarang terjadi ini, baik dari sisi agama maupun sains.

BACA JUGA:MG Tawarkan Keamanan Penuh untuk Melesat Jauh di Jalur Mudik 2024

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: