Gerhana Matahari Total Terjadi Hari Ini 8 April 2024, Bagaimana Islam Memandangnya?

Gerhana Matahari Total Terjadi Hari Ini 8 April 2024, Bagaimana Islam Memandangnya?

Gerhana Matahari Total Terjadi Hari Ini 08 April 2024, Bagaimana Islam Memandangnya?---Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Gerhana Matahari Total terjadi tepat sebelum lebaran 2024 tepatnya pada tanggal 08 April 2024, bagaimana ya pandangan Islam dalam melihat peristiwa ini?

Peristiwa ini terjadi ketika posisi bulan terletak tepat satu garis lurus dengan bumi dan matahari sehingga terlihat bayangan bulan seperti menutupi matahari.

Berikut ini akan kita bahas tuntas mengenai kapan dan dimana peristiwa ini terjadi, dampaknya pada bumi serta pandangan Islam dalam melihatnya.

BACA JUGA:Info Update: Hari Ini Sampai 15 April DKI Jakarta TANPA Ganjil-Genap

- Apa Itu Gerhana Matahari Total ?

Gerhana Matahari Total merupakan suatu peristiwa yang diakibatkan oleh letak bulan yang berada diantara bumi dan matahari sedang berada pada satu garis lurus.

Pada saat terjadinya peristiwa ini sebagian bumi akan terkena bayangan gelap dari bulan yang melintas sehingga matahari akan tertutup dan tidak terlihat.

Peristiwa ini berlangsung hanya sekitar beberapa detik atau menit dan akan segera kembali seperti biasa setelah bulan selesai melintas.

BACA JUGA:Takut Mabuk Saat Perjalanan Mudik? Ini Tips Ampuh Mencegah Agar Tak Jekpot di Jalan

- Apakah Indonesia Bisa Melihat Gerhana Matahari Total 08 April 2024 Ini?

Sayangnya pada kali ini Indonesia tidak bisa melihat peristiwa Gerhana Matahari Total tersebut karena Indonesia sedang berada pada waktu malam sekitar jam 22.42 WIB dan puncaknya beada pada pukul 01.17 WIB.

Gerhana Matahari Total ini hanya bisa disaksikan di kawasan Benua Amerika seperti Meksiko, Amerika Serikat dan Kanada. Perlu diingat Gerhana Matahari Total tidak bisa dilihat langsung tanpa bantuan alat apapun.

Bagi kamu yang ingin menyaksikan langsung Gerhana Matahari Total ini, jangan khawatir, kamu tetap bisa melihatnya lewat tayangan streaming yang dibagikan di berbagai platform.

BACA JUGA:PIER Terhadap Economic Outlook 2024: 'Anticipating the Return of Twin Deficit and The Fed's Long & Winding Road'

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: