Kedelai Bisa Bikin Kulit Tambah Mulus, Iyakah? Cek Penjelasannya

Kedelai Bisa Bikin Kulit Tambah Mulus, Iyakah? Cek Penjelasannya

Kedelai bisa muluskan kulit-jcomp-Freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Para penggemar kuliner yang berbahan dasar kedelai seperti susu kedelai, tahu, atau tempe mungkin telah mengenali manfaat kesehatan yang terkandung dalam kacang kedelai. 

Namun khasiat kedelai tidak hanya terbatas pada kesehatan tubuh, tetapi juga merambah ke dunia kecantikan

Ternyata, kacang kedelai juga memiliki khasiat yang menunjang kesehatan kulit, dengan kemampuannya membuat kulit lebih terhidrasi dan membantu mengurangi garis-garis halus serta pigmentasi. 

BACA JUGA:Rakyat Kecil Tapi Belum Dapatkan BPNT dan PKH? Tenang, Ini Cara Daftar Jadi Penerima Bansos

Sebuah studi klinis yang diterbitkan di jurnal Nutrients pada bulan September 2023 menemukan bahwa wanita pascamenopause yang mengonsumsi 30 gram protein kedelai setiap hari selama 6 bulan mengalami peningkatan hidrasi kulit dan penurunan kedalaman kerutan dan pigmentasi. 


ilustrasi susu kedelai-jkomp-Capture Freepik

Temuan ini mengungkapkan potensi besar dari kacang kedelai dalam meningkatkan kesehatan kulit, memberikan bukti ilmiah yang menarik bagi para penggemar produk kedelai dan pecinta perawatan kulit untuk memanfaatkan manfaat tersebut secara optimal. 

Dengan demikian, tidak hanya sebagai sumber protein yang bergizi, tetapi kedelai juga bisa menjadi sekutu yang luar biasa dalam menjaga kecantikan dan kesehatan kulit.

Menurut Mark Messina, PhD, MS, yang menjabat sebagai Direktur Ilmu Nutrisi dan Penelitian di Soy Nutrition Institute Global (SNI Global), hasil penelitian dan uji klinis sebelumnya telah mengungkapkan bahwa isoflavon kedelai dapat memiliki dampak yang bermanfaat pada kesehatan kulit. 

BACA JUGA:Selvi Kitty Cerai dengan Suaminya Gegara Sibuk Kampanye: Waktu Saya Jadi Berkurang di Politik

Namun sayangnya, masih sedikit ahli kesehatan yang memahami sepenuhnya manfaat yang diberikan kedelai untuk kesehatan kulit. 

Hal ini menyoroti pentingnya penelitian lebih lanjut dan penyuluhan terkait dengan potensi positif dari konsumsi kedelai terhadap kesehatan kulit. 

Dengan memperluas pemahaman tentang manfaat isoflavon kedelai, kita dapat menggali potensi penuh dari sumber daya alami ini dalam merawat dan menjaga kesehatan kulit secara efektif. 

Maka dari itu, upaya penelitian dan penyuluhan yang lebih luas perlu dilakukan untuk menyebarkan informasi yang akurat dan memastikan bahwa manfaat kesehatan kulit dari kedelai tidak terabaikan.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: