5 Tips Pilih Ban Tubless Motor Matic Agar Awet Lama

5 Tips Pilih Ban Tubless Motor Matic Agar Awet Lama

ban tubless-Ilustrasi-Pinterest

3.Tanggal pembuatan ban

Semua produk ban dari berbagai merek dan jenis pasti akan memiliki waktu produksi. Maka dari itu, setelah si penjual menyodorkan ban baru yang diambil dari stok, kamu wajib banget memperhatikan tanggal produksi sebelum memasangnya di motor kesayangan kamu.

Biasanya, di tiap ban memiliki kode unik tersendiri. Kode tersebut merupakan informasi kapan ban tersebut diproduksi. Semakin lama kode produksi ban tubeless, maka kualitasnya akan semakin berkurang.

Sebagai contoh, kamu akan membeli sepasang ban Corsa di dinding ban terdapat kode berupa angka, yakni 1220.

BACA JUGA:Resmi Mengaspal! Ini Penampakan Bus Tingkat DAMRI Rute Jakarta-Malang

Nah, kode tersebut berarti ban yang kamu pilih diproduksi pada bulan ke-12 tahun 2020.

4. Perhatikan motif ban

Tak hanya kesesuaian ukuran ban dengan motor dan pelek, kamu juga wajib memperhatikan motif ban. Pemilihan motif ban sebaiknya didasari dari kondisi jalan yang biasa kamu lalui saat berkendara, seperti jalanan yang basah atau tidak rata.

Jika kamu terbiasa berkendara melalui jalan di wilayah kota yang kondisinya kering, kamu bisa memilih ban tubeless dengan daya cengkeram baik untuk permukaan jalan yang kering dan panas. 

BACA JUGA:5 Kebiasaan Pagi yang Baik untuk Tubuh, Bisa Bikin Kurus Loh!

Sebaliknya, apabila kerap melalui wilayah dengan curah hujan tinggi, pilih ban yang khusus untuk jalanan basah.

Selain itu, jika kamu biasa melewati kondisi jalan dengan kontur tidak rata, berpasir dan berbatu, kamu bisa menggunakan ban dengan tipe off road atau dual-purpose yang memiliki kontur kotak-kotak.

5. Hindari ban dengan tapak minim

BACA JUGA:Bahaya Kah Sering Kretek Jari Tangan? Ini Penjelasannya

Buat kamu penggemar modifikasi, khususnya gaya Thailook, ban dengan telapak kecil memang jadi hal yang wajib. Namun ban dengan telapak kecil memiliki beberapa kelemahan, yakni gampang selip saat kamu melakukan pengereman mendadak atau saat berkendara di jalan basah.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: