Respons Jokowi Soal Isu Pembubaran KPK: 'Saya Kira..'

Respons Jokowi Soal Isu Pembubaran KPK: 'Saya Kira..'

Jokowi memutuskan penyaluran bantuan beras periode kedua sebanyak 10 kg dipercepat-@jokowi-Instagram

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Belakangan ini kabar soal pembubaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ramai diperbincangkan oleh publik.

Sebagaimana diketahui, wacana soal pembubaran KPK berawal dari usulan Megawati Soekarnoputri yang menilai keberadaan KPK tak efektif untuk memberantas korupsi. 

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pun buka suara dan menjawab isu pembubaran KPK seperti permintaan Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu.

BACA JUGA:Kasih Sinyal Pertemuan Megawati dengan SBY, Puan Maharani: 'Tidak Ada Kata Tidak'

Menurut Jokowi, setiap lembaga memiliki kekurangan dalam menjalankan tugas. Walau begitu, Jokowi tak memiliki rencana untuk membubarkan KPK untuk saat ini.

Jokowi mengungkapkan bahwa KPK merupakan sebuah lembaga yang baik dalam mengerjakan setiap tugasnya.

"Ya lembaganya kan bagus," ucap Jokowi di Pasar Brahrang, Sumatera Utara pada Jumat, 25 Agustus 2023.

Bahkan, Jokowi menilai KPK memiliki sistem yang baik, terbukti bahwa KPK masih melakukan penindakan dengan Operasi Tangkap Tangan (OTT) tiap bulannya.

"Lembaganya kan bagus, sistemnya sudah bagus, tiap bulan juga ada OTT," jelas Jokowi.

BACA JUGA:Budiman Sudjatmiko Resmi Ditendang dari PDI Perjuangan

Kendati demikian, Jokowi mengungkapkan bahwa setiap lembaga tentu memiliki kekurangannya, maka dari itu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mengevaluasinya bukan dengan cara membubarkannya.

"Ya mesti ada yang perlu dievaluasi, diperbaiki, saya kira semua lembaga ada kurangnya. Saya kira itu yang harus diperbaiki, dievaluasi," tutur Jokowi.

Sebagai informasi, Megawati mengungkapkan bahwa dirinya telah menyampaikan kepada Jokowi untuk membubarkan KPK karena lembaga tersebut tidak efektif dalam mengatasi korupsi di negeri ini. Hal tersebut diungkapkan oleh Megawati dalam acara sosialisasi yang digelar oleh BPIP pada Senin, 21 Agustus 2023.

Selain itu, Megawati juga menyoroti masalah kemiskinan yang masih melanda sebagian besar rakyat Indonesia. Ia merasa bahwa tindakan korupsi hanya akan semakin memperburuk kondisi rakyat yang sudah hidup dalam kemiskinan. Oleh karena itu, ia berharap agar penegak hukum dapat mengutamakan kepentingan rakyat dan berperan aktif dalam memberantas korupsi.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: