Kenapa Rambut Manusia Bisa Berubah Warna Jadi Putih? Begini Faktor Tumbuhnya Uban

Kenapa Rambut Manusia Bisa Berubah Warna Jadi Putih? Begini Faktor Tumbuhnya Uban

Cara Mencegah Rambut Putih---Freepik

1. Genetika

Riasan Anda memainkan peran besar saat (atau jika) Anda mengembangkan rambut beruban. Jika Anda melihat uban pada usia dini, kemungkinan besar orang tua atau kakek nenek Anda juga memiliki uban atau uban pada usia dini.

Anda tidak dapat mengubah genetika. Tetapi jika Anda tidak menyukai penampilan uban Anda, Anda selalu bisa mewarnai rambut Anda.

2. Stres

Setiap orang berurusan dengan stres dari waktu ke waktu. Konsekuensi dari stres kronis dapat meliputi:

- Masalah tidur

- Kecemasan

- Perubahan nafsu makan

- Tekanan darah tinggi

- Stres juga dapat memengaruhi rambut Anda. SEBUAH Studi 2013 menemukan hubungan antara stres dan penipisan sel punca di folikel rambut tikus. Jadi, jika Anda memperhatikan peningkatan jumlah helai putih Anda, stres mungkin menjadi penyebabnya. Teori ini mungkin juga menjelaskan mengapa beberapa pemimpin dunia tampak menua atau beruban lebih cepat saat menjabat.

BACA JUGA:Viral! Tampilan Seorang Kades Berambut Mohawk Layaknya Anak Punk

3. Penyakit autoimun

Penyakit autoimun juga dapat menyebabkan rambut beruban prematur. Ini adalah saat sistem kekebalan tubuh menyerang selnya sendiri. Dalam kasus alopecia dan vitiligo, sistem kekebalan tubuh dapat menyerang rambut dan menyebabkan hilangnya pigmen.

4. Gangguan tiroid

Perubahan hormon yang disebabkan oleh masalah tiroid - seperti hipertiroidisme atau hipotiroidisme - juga dapat menyebabkan rambut beruban prematur. Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di pangkal leher Anda. Ini membantu mengontrol banyak fungsi tubuh seperti metabolisme. Kesehatan tiroid Anda juga dapat mempengaruhi warna rambut Anda. Tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih sedikit melanin.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: