Kenapa Rambut Manusia Bisa Berubah Warna Jadi Putih? Begini Faktor Tumbuhnya Uban

Kenapa Rambut Manusia Bisa Berubah Warna Jadi Putih? Begini Faktor Tumbuhnya Uban

Cara Mencegah Rambut Putih---Freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Rambut putih terjadi ketika folikel rambut Anda kehilangan melanin, pigmen yang memberi warna pada rambut Anda.

Jika rambut Anda memutih di usia yang lebih muda, itu bisa disebabkan oleh genetika atau kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Apakah rambut putih itu normal?

BACA JUGA:Fokus Salawatan! Rambut Pria Ini Malah Tersundut Obor Saat Sedang Pawai

Tidak jarang rambut Anda berubah seiring bertambahnya usia. Sebagai orang yang lebih muda, mungkin Anda memiliki rambut berwarna cokelat, hitam, merah, atau pirang.

Sekarang setelah Anda lebih tua, Anda mungkin melihat penipisan di area tertentu di kepala Anda, atau rambut Anda mungkin berubah dari warna aslinya menjadi abu-abu atau putih.

Tubuh Anda memiliki folikel rambut, yaitu kantung kecil yang melapisi sel-sel kulit. Folikel rambut memiliki sel pigmen yang dikenal sebagai melanin.

Sel-sel ini memberi warna pada rambut Anda. Namun seiring berjalannya waktu, folikel rambut bisa kehilangan pigmen, mengakibatkan rambut beruban.

BACA JUGA:Ini Alasan Kamu Harus Minum Air Lemon Sebelum Tidur!

Apa penyebab rambut beruban di usia muda?

Rambut putih lebih terlihat pada orang dengan warna rambut yang lebih gelap. Meskipun uban merupakan ciri penuaan, helaian rambut yang tidak berwarna dapat muncul pada usia berapa pun — bahkan saat Anda masih duduk di bangku SMA atau kuliah. Jika Anda seorang remaja atau berusia 20-an, Anda mungkin menemukan satu atau lebih helai rambut beruban.

Mungkin ada cara untuk mengembalikan pigmentasi, tapi tergantung penyebabnya.

Melansir dari laman Heathline, berikut adalah penyebab umum rambut beruban prematur.

BACA JUGA:Viral Link Video Amanda Monopo 17 Detik Diburu Warganet, Rambut Panjangnya Terurai!

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: