9 Suku Tertua di Indonesia yang Eksistensinya Masih 'Abadi' Sampai Saat Ini, Terakhir Ada Fakta Paling Unik!

9 Suku Tertua di Indonesia yang Eksistensinya Masih 'Abadi' Sampai Saat Ini, Terakhir Ada Fakta Paling Unik!

Berbagai Macam Suku Tertua di Indonesia-Sidul Tube-YouTube Channel

peradaban Jawa terus berkembang. Hal ini dapat dibuktikan dengan peninggalan kerajaan-kerajaan besar  di tanah Jawa. dan masih bisa dilihat sampai sekarang.Contohnya Candi Borobudur. Prambanan. berdoa singosaria dan sebagainya.

8. Suku Tomuna 

Suku Tomuna adalah suku bangsa yang mendiami Pulau Muna di Sulawesi Tenggara. Suku ini merupakan salah satu suku bangsa yang pertama kali masuk ke Nusantara. Nenek moyang mereka diperkirakan berasal dari benua Afrika yang kemudian berimigrasi sekitar 50 ribu tahun yang lalu.

Mereka kemudian bercampur dengan kelompok etnis lain seperti Melanesia 4000 tahun yang lalu. Jejak suku Tomuna dapat dilihat pada lukisan tangan di dinding Gua Linagkobhori prasejarah di Pulau Muna. Menurut penelitian yang telah berlalu, lukisan itu berusia 40 ribu tahun. 

9. Suku Mentawai 

Suku Mentawai adalah suku yang mendiami pulau Mentawai di Sumatera bagian barat.Kabupaten Mentawai merupakan bagian dari provinsi Sumatera Barat. Ilmuwan berasumsi nenek moyang suku Mentawai dari 500 SM. di pulau-pulau di sebelah barat Sumatera. 

Suku Mentawai meluas ke pulau Siberut dan Nias. Uniknya, suku ini tidak pernah dijajah oleh bangsa lain. Terbukti tidak ada jejak peradaban di luar suku Mentawai.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: