Kisah Mengharukan, Tradisi Potong Jari dari Suku Dani yang Kini Mulai Nyaris Punah!

Kisah Mengharukan, Tradisi Potong Jari dari Suku Dani yang Kini Mulai Nyaris Punah!

Suku Dani-foto-Istimewa

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Papua dikenal memiliki alam yang masih sangat terjaga serta masyarakat yang memegang erat budaya nenek moyang. Hutan-hutan Papua sebagian besar masih 'perawan' dan belum terjamah manusia.

Pulau terbesar ketiga di Indonesia ini memiliki lembah yang begitu terkenal, yaitu Lembah Baliem (Lembah Balim). 

Dilansir dari berbagai sumber, Lembah Baliem merupakan lembah yang berada di pegunungan Jayawijaya, Papua di ketinggian 1.600 mdpl.

BACA JUGA:Ormas ABI Tegaskan Setia Pada Pancasila

Lembah Baliem juga dikenal dengan istilah Grand Baliem Valley. Menurut penjelajahan Eropa, pada tahun 1940-an hingga 1960-an, lembah ini menjadi tempat tinggal satu suku saja yaitu suku Dani

Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, ditemukanlah di sebelah timur dan selatan ada suku Yali, suku Mek dan suku Nduga.

Di Lembah Baliem terdapat sebuah tradisi unik yang cukup ekstrem, yaitu tradisi potong jari dan mandi lumpur sebagai bentuk ungkapan kesedihan. 

Tradisi unik ini pun terbentuk dari tatanan kekerabatan yang merupakan salah satu bagian terpenting dalam kehidupan masyarakat Dani.

BACA JUGA:Viral di Media Sosial, Pengemudi Ojek Online Bawa Kabur Laptop Senilai Rp20 Juta!

Walaupun secara umum tradisi ini lebih banyak dilakukan oleh para wanita suku Dani, namun ada juga pria-pria Dani yang melakukannya. 

Menurut kepercayaan masyarakat, menangis saja tidaklah cukup untuk melambangkan kesedihan mereka. 

Sehingga mereka memotong jari karena rasa sakit ekstrem ini dianggap bisa mewakili rasa sakit dari kehilangan orang tersayang.

Pemotongan jari ini bisa dilakukan dengan benda tajam, digigit hingga putus atau dililit seutas tali hingga jari tersebut mati dan setelahnya baru dipotong.

BACA JUGA:Viral di Media Sosial, Penyelenggara Pernikahan Anjing dengan Konsep Adat Jawa Mewah Minta Maaf

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: