9 Suku Tertua di Indonesia yang Eksistensinya Masih 'Abadi' Sampai Saat Ini, Terakhir Ada Fakta Paling Unik!

9 Suku Tertua di Indonesia yang Eksistensinya Masih 'Abadi' Sampai Saat Ini, Terakhir Ada Fakta Paling Unik!

Berbagai Macam Suku Tertua di Indonesia-Sidul Tube-YouTube Channel

Suku ini juga merupakan salah satu suku tertua  yang masih hidup di Indonesia. Suku Kerinci adalah ras Mongolia dan berbahasa Austronesia. Nenek moyang Austronesia ini bermigrasi dari pulau Taiwan dan wilayah Indochina antara 5.000 dan 3.500 tahun yang lalu. 

BACA JUGA:Pasti Jadi Pembuka Pintu Rezeki, Catat Niat dan Tata Cara Melaksanakan Ibadah Shalat Dhuha

3. Suku Baduy 

Suku ini tinggal di Jawa Barat. Menurut cerita yang beredar di  masyarakat, suku ini berkomitmen untuk menjaga alam sekitar dan lingkungannya. Setiap hari warga Baduy tidak memakai alas kaki saat beraktivitas di luar rumah. 

Ini adalah sekelompok orang yang mengasingkan diri  dari dunia luar. Selain itu, mereka juga memiliki kepercayaan yang tabu untuk didokumentasikan, khususnya yang tinggal di wilayah Baduy Dalam.

4. Suku Melayu 

Suku ini sudah ada di Indonesia sejak abad ke-11 dan dikenal di beberapa negara. Suku ini juga telah menyebar hingga ke benua Eropa. Orang Malaysia adalah kelompok etnis keturunan orang Austronesia yang masih tinggal di Semenanjung Malaysia, Sumatera Timur dan daerah lain di sekitar pulau Sumatera di Indonesia. 

5. Suku Dani 

Suku Dani Papua, desa paling awal yang  diketahui di Lembah Baliem, didirikan ratusan tahun yang lalu.Dikenal selama ratusan tahun  sebagai petani yang terampil, suku Dani menggunakan alat-alat yang awalnya diyakini akrab dengan teknologi penggunaan kapak batu. 

Ada juga pisau  dari tulang binatang, bambu, dan tombak dari kayu berongga, yang  sangat kuat dan berat. Mereka bergantung pada alam untuk mata pencaharian mereka dan pekerjaan utama mereka adalah pertanian. Setiap hari suku Dani menanam dan memanen sayuran serta menjualnya ke pasar. 

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca Wilayah DKI Jakarta Hari Ini, Rabu 14 Juni 2023: Sejumlah Wilayah Diguyur Hujan

6. Suku Dayak 

Suku Dayak sudah ada sejak tahun 2000 SM. Suku Dayak adalah penduduk asli pulau Kalimantan yang  banyak di antaranya kini tinggal di pedalaman Kalimantan. Suku asli Dayak memiliki budaya bahari/bahari karena namanya memiliki arti ganda dan diasosiasikan dengan sungai karena banyaknya sungai  di  Kalimantan. Keunikan lain dari suku Dayak  adalah tato, dengan tato  memiliki makna yang sangat dalam bagi masyarakat Dayak. 

7. Jawa

Suku Jawa juga merupakan suku bangsa tertua di Indonesia.Suku ini telah mendiami pulau Jawa sejak zaman kerajaan Hindu-Buddha. Suku ini memiliki pengaruh besar di Indonesia karena hampir seluruh wilayah  Indonesia  dihuni oleh suku Jawa. Pada tahun 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: