dr Zaidul Akbar Beberkan Tips Atasi Kadar Gula Darah Tinggi, Cukup Minum Ini Sebelum Makan

dr Zaidul Akbar Beberkan Tips Atasi Kadar Gula Darah Tinggi, Cukup Minum Ini Sebelum Makan

Foto: Ilustrasi by Pexels-olia danilevich-pexels

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Kadar gula darah adalah gula yang terdapat dalam darah yang berasal dari karbohidrat dalam makanan.

Gula darah yang tidak normal dapat menyebabkan rusaknya pembuluh darah dan dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Praktisi kesehatan dan juga pendakwah, dr Zaidul Akbar mengungkapkan cara agar bisa menjaga kadar gula darah dalam tubuh agar tidak melonjak.

BACA JUGA:CATAT! 5 Waktu Mustajab untuk Berdoa, Insha Allah Tak Lama Setelahnya Bisa Dikabulkan

Dr Zaidul Akbar menyarankan meminum segelas air sebelum mengonsumsi makanan.

"Ini tips mudah supaya gak terjadi lonjakan gula setelah Anda makan yang tinggi gula tadi. Caranya gimana? Ini air lah ya, air begini ini sebelum Anda makan ya misalkan Anda pengen makan roti gak apa-apa makan aja, namanya juga manusia. Yang penting jangan sering-sering jadi bikin pola makannya," ujar dr Zaidul Akbar, dikutip dari kanal Youtuber dr Zaidul Akbar Official pada Selasa 13 Juni 2023. 

Walau begitu, dr Zaidul Akbar meminta agar tetap mengatur pola makanan sehat.

"80% produk yang masuk ke dalam tubuh itu produk sehat atau pangan sehat. 20% silahkan cheat lah. Mulai dikontrol dianya, jaga dianya mengendalikan kita," tutur dr Zaidul Akbar. 

BACA JUGA:Doa Ampuh Agar Dipermudahkan Dapat Pekerjaan dan Rezeki yang Halal!

Dr Zaidul Akbar menyarankan untuk mencampur air dengan satu sendok cuka apel atau cuka nanas.

"Nah, air kayak begini misalkan satu gelas begini atau mungkin setengahnya lah gitu kan. Anda mungkin campurkan satu sendok teh saja cuka apel, atau cuka nanas boleh, classic enzim boleh macam-macam, sifatnya cairan fermentasi atau probiotik juga boleh," imbuh dr Zaidul Akbar.

Campuran air dengan cuka tersebut dapat berguna untuk mencegah terjadinya lonjakan gula darah.

"Masukkin ke sini (segelas air) sebelum Anda makan yang tadi gulanya tinggi, ini Anda minum dulu. Apa manfaatnya? Banyak banget paling tidak mencegah terjadinya lonjakan gula pada saat Anda makan," jelas dr Zaidul Akbar.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: