CATAT! 5 Waktu Mustajab untuk Berdoa, Insha Allah Tak Lama Setelahnya Bisa Dikabulkan

CATAT! 5 Waktu Mustajab untuk Berdoa, Insha Allah Tak Lama Setelahnya Bisa Dikabulkan

Manusia yang Didoakan Malaikat-ilustrasi -pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Sebagai umat Muslim, doa merupakan kegiatan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW agar manusia senantiasa dekat dengan Allah SWT. 

Bahkan dalam Islam sendiri setiap kegiatan memiliki doa khusus. Ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Alquran Surat Al Baqarah ayat 186 yang artinya “Apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran."

Namun, tahukah Anda bahwa terdapat waktu-waktu khusus yang memiliki keutamaan untuk umat Muslim memanjatkan doa. Diyakini apabila Anda melakukan doa dalam waktu tersebut maka besar kemungkinan Allah akan mengabulkan doa yang diminta.

BACA JUGA:Terjadi Kebakaran Hutan Jati di Taman Nasional Baluran Situbondo!

Sebagai ritual yang selalu dilakukan oleh umat Islam, penting untuk mengetahui berbagai waktu-waktu berdoa yang utama.

Berikut beberapa waktu paling tepat untuk memanjatkan doa, yang dijamin mustajab :

1. Waktu Sepertiga Malam

Waktu mustajab untuk berdoa yang pertama adalah pada saat sepertiga malam terakhir. Ketika itu kebanyakan orang memilih tidur pulas. 

BACA JUGA:Tersangka Pembuangan Bayi di Pacitan, Biduan Dangdut Janda Muda Ditangkap!

Padahal, sepertiga malam adalah waktu yang paling mustajab untuk berdoa. Doa-doa yang dipanjatkan pada waktu tersebut akan dikabulkan oleh Allah Swt.

Rasulullah saw. bersabda, "Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian Allah berfirman, 'Orang yang berdoa kepada-Ku akan Ku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Ku-ampuni'." (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Di Waktu Antara Azan dan Ikamah

BACA JUGA:Miris, 4 Siswi MTsN 1 Jeneponto Asik Isap Rokok Untuk Jadikan Status Whatsapp

Hal ini sesuai hadis dari Anas bin Malik bahwa ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, "Sesungguhnya doa yang tidak tertolak adalah doa antara azan dan ikamah maka berdoalah". (HR. Ahmad)

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: