Dituduh Tidak Rasional Menolak Timnas Israel, PDIP Justru Serang Anies Baswedan, Hasto: Urusan Sepenting Ini Diam Saja?

Dituduh Tidak Rasional Menolak Timnas Israel, PDIP Justru Serang Anies Baswedan, Hasto: Urusan Sepenting Ini Diam Saja?

Hasto PDIP blak-blakan menyebut safari politik Anies Baswedan di Surabaya sepi penyambut.-Foto: Disway-

JAKARTA, POSTINEWS.ID - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto membantah pernyataan Ade Armando yang mengkritik partainya tidak rasional karena penolakan kedatangan Timnas Israel dalam Piala Dunia U-20.

Ade Armando menyebut, penolakan PDIP tidak rasional karena didasarkan pada alasan klenik. 

Hasto menegaskan, bahwa sikap PDIP terhadap penolakan Timnas Israel didasarkan pada alasan logis dan kajian geopolitik.

BACA JUGA:Daftar 8 Sekolah Kedinasan yang Buka Pendaftaran 2023, Simak Cara Daftar dan Ketentuannya

Alih-alih mengkritik PDIP, Hasto menilai sebaiknya Ade mengkritik bakal calon presiden Anies Baswedan. Sebab, kata dia, Anies memilih diam dan tak bersikap dalam urusan segenting ini.

“Jadi daripada mengkritik PDI Perjuangan, sebaiknya Saudara Ade Armando kritik Anies Baswedan, kenapa urusan sepenting ini diam saja," kata Hasto dalam keterangannya, Rabu, 5 April 2023.

Hasto menjelaskan, ada enam alasan penolakan yakni ideologi, konstitusi, sejarah, hukum internasional, kemanusiaan universal, serta kekuasaan sayap kanan Israel. 

BACA JUGA:Sri Mulyani Diminta Waspada, Ada Dua Bos Mafia Besar Penggerak Rafael Alun di Kemenkeu?

Ia pun mengatakan sempat berdiskusi dengan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Andi Widjajanto serta sejumlah pakar hubungan internasional.

“Jadi tidak ada klenik. Saya menilai sikap Bung Ade yang biasanya mengajak berpikir rasional, kok justru terkesan tidak rasional?” tegasnya.

Hasto mengaku, pihaknya juga mengumpulkan kajian maupun informasi strategis ihwal kedatangan Israel ke Indonesia. Skenario terburuknya, saat U-20 berlangsung dengan kehadiran Israel, berbagai gangguan keamanan bisa mengarah pada tuduhan pelanggaran konstitusi yang berujung pada pemakzulan.

“Bayangkan saja, Presiden Jokowi yang begitu berprestasi saja bisa dituduh macem-macem. Jadi para kader PDIP membela Pak Jokowi, dan beliau memang harus bersikap tegas agar U-20 tetap berjalan," tuturnya.

BACA JUGA:SImak Cara dan Syarat Lengkap Penukaran Uang Baru di Perbankan!

Oleh sebab itu, Hasto menegaskan bahwa pernyataan Ade Armando sama sekali tidak benar. Ia menyebut sikap penolakan PDIP didasarkan pada alasan logis dan berbasis pengetahuan geopolitik.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: