6 Cara Mengendalikan Emosi dan Amarah Saat Berpuasa Menurut Islam, Auto Hati Adem dan Emosi Mereda!

6 Cara Mengendalikan Emosi dan Amarah Saat Berpuasa Menurut Islam, Auto Hati Adem dan Emosi Mereda!

4. Diam

Ketika emosi memuncak, semua perkaataan yang keluar dari mulut akan sulit untuk dikenadalikan, maka dari itu lebih baik diam ketika emosi melanda agar tidak adanya perkataan buruk yang keluar dari mulut dan menyakiti lawan bicaramu. Cara menahan nafsu amarah yang satu ini tertuang dalam suatu hadist. Dari Ibnu Abbas Ra, Rasulullah Saw bersabda:

"Jika kalian marah, diamlah." (HR Ahmad)

BACA JUGA:Niat dan Tata Cara Melaksanakan Ibadah Shalat Dhuha, yang Sangat Dianjurkan Selama Bulan Puasa!

5. Berwudhu

Selain untuk bersuci, wudhu juga memiliki fungsi untuk meredam amarah saat emosi sedang melanda. Dari Urwah As-Sa'di radhiyallahu 'anhu yang artinya:

"Sesungguhnya marah itu dari setan, dan setan diciptakan dari api, dan api bisa dipadamkan dengan air. Apabila kalian marah, hendaknya dia berwudhu." (HR Ahmad dan Abu Daud)

6. Ubah posisi

Cara lain untuk mengatasi emosi dan amarah yakni dengan mengubah posisi saat marah, saat kamu marah dengan posisi berdiri maka duduklah. Hal ini sesuai hadits dari Abu Dzar ra, Rasulullah SAW menasihatkan:

"Apabila kalian marah, dan dia dalam posisi berdiri, hendaknya dia duduk. Karena dengan itu marahnya bisa hilang. Jika belum juga hilang, hendak dia mengambil posisi tidur." (HR. Ahmad dan Abu Daud)

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: