Ini Bahaya Makan Kangkung Berlebihan, Jangan Dilakukan Ya!

Ini Bahaya Makan Kangkung Berlebihan, Jangan Dilakukan Ya!

Efek Samping Makan Kangkung Berlebihan-Laudia Tysara-Pexels

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Tidak diragukan lagi bahwa kangkung adalah makanan kesehatan yang sangat baik.

Hanya satu tangkai kangkung dapat memberi Anda lebih dari 200 persen vitamin A Anda untuk hari itu, dan hampir 700 persen vitamin K.

Kangkung juga mengandung senyawa tanaman tertentu yang dapat membantu melindungi dari kanker tertentu. Namun dalam beberapa kasus, makan kangkung mungkin tidak sesehat yang Anda kira.

BACA JUGA:Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan yang Tak Banyak Orang Ketahui

Misalnya, dapat berinteraksi dengan fungsi tiroid jika dimakan dalam jumlah yang sangat banyak.

Dilansir dari laman Insider, kangkung mengandung sesuatu yang disebut progoitrin, yang dapat mengganggu sintesis hormon tiroid dan pada dasarnya memblokir yodium yang dibutuhkan tiroid Anda untuk berfungsi. Hal ini dapat mengakibatkan fluktuasi kadar gula darah dan berat badan.

Namun, itu mungkin bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan karena Anda harus makan kangkung mentah dalam jumlah berlebihan untuk mengalami efek negatif ini - lebih banyak daripada yang mungkin Anda dapatkan dalam sekali duduk.

Jika Anda tidak yakin, atau Anda sudah memiliki tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme), tanyakan kepada dokter atau ahli gizi.

BACA JUGA:Ini Dia 3 Manfaat Daun Kayu Putih untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Jika Anda rutin makan kangkung, ada baiknya juga untuk memastikan Anda mencucinya sampai bersih. Kelompok Kerja Lingkungan baru saja merilis daftar "Dirty Dozen" untuk tahun ini, yang merupakan panduan untuk produk-produk yang paling banyak mengandung pestisida.

Ditemukan bahwa kangkung memiliki residu pestisida tertinggi dibandingkan dengan hampir semua produk lain yang ditemukan di rak supermarket di AS.

Sekitar 60 persen dari sampel kangkung dinyatakan positif Dacthal, yang terdaftar sebagai karsinogen manusia Grup C menurut National Library of Medicine – yang berarti ada bukti sugestif potensi karsinogenik tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan.

"Kami terkejut kangkung mengandung begitu banyak pestisida, tetapi hasil tesnya tegas," kata ahli toksikologi EWG Alexis Temkin. "Buah dan sayuran adalah bagian penting dari makanan setiap orang, dan jika menyangkut beberapa produk yang ditanam secara konvensional, seperti kangkung, memilih organik mungkin merupakan pilihan yang lebih baik."

BACA JUGA:7 Manfaat Makan Daun Kemangi, Ternyata Banyak Banget Hal Positifnya!

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: