Bukan dari Koalisi Perubahan, Justru Sosok Ini Disebut-Sebut Bakal Jadi Cawapres Anies, Bisa Dongkrak Suara?

Bukan dari Koalisi Perubahan, Justru Sosok Ini Disebut-Sebut  Bakal Jadi Cawapres Anies, Bisa Dongkrak Suara?

Kemungkinan cawapres Anies Baswedan berasal dari luar Koalisi Perubahan.-Foto: Disway-

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Calon wakil presiden (cawapres) yang bakal mendampingi pertarungan Anies pada Pilpres 2024 mendatang masih menjadi misteri yang terus diperbincangkan.

Sementara itu, dua partai dari Koalisi Perubahan yang mengusung Anies, yakni Demokrat dan Nasdem mengaku menyerahkan hak penuh kepada bacapres-nya untuk memilih sosok pendamping.

Namun, belum lama ini PKS dan Nasdem sepakat memberikan peluang kemungkinan pendamping Anies Baswedan berasal dari luar Koalis Perubahan.

Adalah Khofifah Indar Parawansa yang saat ini menuai sorotan karena disebut-sebut tengah diincar menjadi sosok cawapres Anies Baswedan.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai NasDem Effendy Choirie atau Gus Choi mengaku pihaknya akan menampung semua usulan yang masuk untuk kemudian dipilih yang terbaik. Dia kala itu juga mempersilakan PKS dan Demokrat mengusulkan nama.

BACA JUGA:Komentari Soal Jabatan Rafael Alun Trisambodo Dicopot, Farhat Abbas Malah Sindir Sri Mulyani: Kenapa Bukan Menterinya yang Mundur?

BACA JUGA:PPATK Temukan Transaksi Mencurigakan Rafael Alun Sejak 2012, Abraham Samad: 'Ada Masalah di KPK'

"Nggak apa-apa (Demokrat dorong AHY, PKS Aher), semua usulan kan harus ditampung dibicarakan bersama dan ujungnya siapapun harus diterima asal memang cawapresnya itu bisa mendongkrak suara," kata Gus Choi kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Gus Choi pun saat itu menilai bahwa muncul pertimbangan pendamping Anies dari kalangan NU. Dia menyebut salah satunya Khofifah Indar Parawansa.

"Belum. Tapi, nama-nama yang mungkin pantas untuk dipertimbangkan untuk jadi Cawapres Anies dari kalangan NU, misalnya ada Khofifah, ada Saifullah Yusuf Sekjen PBNU, ada Yenny Wahid, ada Gus Yasin. Gus Yasin itu Wakil Gubernur Jawa Tengah," ujarnya.

Gus Choi menjelaskan jika nama-nama tersebut merupakan pertimbangan pribadi. Meski begitu, ia tak menampik jika ada dari daftar itu yang diperbincangkan di internal NasDem.

BACA JUGA:PPATK Deteksi Harta Fantastis Rafael Alun Trisambodo Hasil Cuci Uang Sejak 2012, KPK Buka Suara

BACA JUGA:Jangan Sampai Kehabisan! PT KAI Siapkan 3,4 Juta Tiket Kereta Mudik Lebaran 2023, Berikut Jadwal Pemesanannya

"Kalau obrolan-obrolan di pengurus NasDem ya, level-level bawah, level menengah, sampai level atas ya. Intinya antara lain ya dari lingkungan NU," imbuhnya.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber