Partai NasDem Tegaskan Tetap Dukung Anies Baswedan Sebagai Capres

Partai NasDem Tegaskan Tetap Dukung Anies Baswedan Sebagai Capres

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Foto: dok. @aniesupdate-Instagram

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Partai Nasional Demokrat (NasDem) menegaskan tetap mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (Capres) 2024.

Penegasan ini disampaikan guna merespon pernyataan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yang juga menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai capres pada Pilpres 2024 mendatang.

Sebelumnya, nama Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan serta Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa masuk dalam bursa capres Partai NasDem.

Namun akhirnya, NasDem memilih untuk mengusung Anies Baswedan pada Pilpres 2024 mendatang.

BACA JUGA:NasDem Sebut Ganjar Pranowo akan Jadi Rival Sepadan Bagi Anies Baswedan

Bendahara Umum Partai Nasdem Ahmad Sahroni pada Kamis (20/10/1022) mengatakan, pihaknua menyambut baik pernyataan Ganjar Pranowo yang siap maju sebagai Capres 2024.

Sahroni menilai, baik Anies Baswedan maupun Ganjar Pranowo merupakan dua tokoh terbaik bangsa yang ingin bertarung jadi pemimpin bangsa.

Maka dari itu, Sahroni mengatakan pihaknya tidak mempermasalahkan jika Ganjar Pranowo juga maju sebagai capres.

"Keduanya adalah putra bangsa untuk bisa maju dalam pertandingan menjadi pemimpin bangsa ini yang terbaik. Keduanya orang baik," kata Sahroni, dikutip dari fin.co.id, Jumat (21/10).

BACA JUGA:Ganjar Pranowo Siap Nyapres, PSI Semakin Mantap Berikan Dukungan

Sahroni meminta semua pihak agar tidak menjelek-jelekkan keduanya. Dikatakan Sahroni, Anies dan Ganjar merupakan orang hebat yang harus dukung untuk jadi yang terbaik.

Meski begitu, Sahroni mengatakan NasDem konsisten mendukung Anies Baswedan.

"Kalau NasDem sekarang deklarasi Anies, ya kita tetep (dukung) Anies. Itu namanya politik. Kita kan nggak tahu. Masih ada di ujung. Dinamis sekali," tutup Sahroni.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo menyatakan siap nyapres, jika dirinya memang diminta oleh masyarakat untuk menjadi Calon Presiden pada pemilu 2024 nanti.

BACA JUGA:Siap Nyapres, Ganjar Pranowo: Suara Rakyat Tak Boleh Diabaikan

Namun demikian, ia mengaku sangat memahami etika politik, dimana keputusan untuk nyapres atau tidak, ia akan tetap manut pada keputusan partainya.

"Kalau untuk bangsa dan negara apa sih yang kita tidak siap," kata Ganjar, dalam sesi wawancara di salah satu TV Swasta, dikutip Selasa 18 Oktober 2022.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, semua anggota partai harus siap jika memang diusung menjadi presiden. Pasalnya, Ganjar menyebut setiap partai pasti memilih anak-anak bangsa terbaik yang bisa memimpin Indonesia ke depan.

"Ketika partai sudah membahas secara keseluruhan dan dia akan mencari anak-anak bangsa yang menurut mereka terbaik, menurut saya semua orang mesti siap soal itu," imbuhnya.

BACA JUGA:Tinggalkan NasDem, Wanda Hamidah Gabung Golkar

Dalam hal ini Ganjar menekankan pentingnya etika politik saat bernaung di suatu partai. Selain itu menurutnya, hasil survei juga menjadi pertimbangan partai dalam menentukan calon pemimpin bangsa.

"Maka kenapa di awal sebagai etik politik tentu saja kami sangat menghormati satu PDI Perjuangan sebagai partai saya, dua relasi yang dibangun oleh partai-partai yang sekarang sedang berbincang dan yang kedua tentu terkait dengan realitas yang ada di survei dan kemudian semua orang memperbincangkan. Kan suara rakyat juga tidak boleh diabaikan," tegasnya.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: