10 Langkah Persiapan Diri Sebelum Interview Kerja, Yuk Buat HRD Auto Oke!

10 Langkah Persiapan Diri Sebelum Interview Kerja, Yuk Buat HRD Auto Oke!

Tips lolos interview kerja-Drazen Zigic-Freepik

Selain itu, sesuaikan dengan budaya perusahaan yang dilamar, pilih pakaian yang lebih formal untuk wawancara dengan instansi pemerintah atau bank agar terlihat serius. 

Namun, jika kamu melamar di startup atau agensi periklanan, pakaian semi formal dapat dipilih agar terlihat lebih santai dan tidak kaku.

6. Menjaga personal branding di sosial media

Merawat penampilan bukan sekadar tentang memilih pakaian terbaik, faktanya, citra online atau cara Anda mempresentasikan diri di internet, terutama di media sosial, juga memiliki signifikansi yang besar.

 Pastikan Anda menampilkan sisi terbaik dari diri Anda dan menghindari konten yang bersifat negatif atau diskriminatif terhadap kelompok tertentu. 

Hal ini karena para HRD akan mencari karyawan yang memiliki kepribadian positif yang dapat mewakili perusahaan dengan baik.

BACA JUGA:Bastian Steel Lamar Sitha Marino Setelah Berpacaran Selama 4 Tahun

7. Pastikan dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap

Melamar pekerjaan sekarang lebih praktis karena dapat dilakukan secara online. 

Namun, meskipun demikian, jangan abaikan dokumen fisik. Jika CV telah disampaikan melalui email, disarankan untuk mencetaknya agar dapat dibahas lebih mudah secara langsung. 

Demikian juga dengan dokumen penting lainnya seperti fotokopi ijazah, transkrip nilai, dan sebagainya, sebaiknya dilampirkan.

8. Pelajari tipe-tipe interview

Setiap perusahaan memiliki metode khusus dalam menyaring kandidatnya, selain wawancara tanya-jawab yang umum, penting untuk mempersiapkan diri menghadapi jenis wawancara lainnya.

Misalnya, beberapa perusahaan menggunakan wawancara behavioral, psikotes, dan beragam jenis lainnya.

Untuk pekerjaan yang bersifat teknis seperti IT, kamu mungkin akan menghadapi wawancara khusus yang lebih menekankan pada aspek teknis.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: