3 Warna Lidah yang Menjelaskan Ciri-ciri Kesehatan, Coba Cek Sekarang Juga!

3 Warna Lidah yang Menjelaskan Ciri-ciri Kesehatan, Coba Cek Sekarang Juga!

3 Warna Lidah yang Menjelaskan Ciri-ciri Kesehatan, Coba Cek Sekarang Juga!---Freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Ada beberapa peneliti kesehatan yang meyakini bahwa warna lidah dapat menjadi petunjuk awal dari adanya penyakit serius seperti kanker atau diabetes.

Tim peneliti dari Harvard menyatakan bahwa lidah memiliki potensi besar untuk mengungkap banyak informasi terkait kesehatan seseorang.

Dari tampilan, warna, hingga tekstur lidah, dapat dianalisis untuk mendeteksi adanya penyakit tertentu.

Dalam sebuah artikel ilmiah terbaru, para ilmuwan mengemukakan bahwa lidah seharusnya memiliki bentuk yang melengkung dan simetris.

BACA JUGA:Penelitian Terbaru: Ini Olahraga yang Terbukti Ampuh Meredakan Tingkat Stres di Otak Manusia

Adanya lapisan putih di lidah juga dianggap normal karena hal tersebut berasal dari protein resisten yang disebut keratin.

Warna lidah juga dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi seseorang, hal ini disebabkan oleh papila di lidah yang menyerap warna dan residu dari makanan.

Meskipun perubahan warna pada lidah juga bisa disebabkan oleh faktor makanan, terdapat tiga warna lidah yang bisa menjadi tanda peringatan dari adanya penyakit serius.

Warna cokelat atau hitam pada lidah dapat menjadi indikasi adanya kondisi yang disebut 'lidah berbulu hitam', yang bisa dipicu oleh kebiasaan merokok, konsumsi antibiotik, minum kopi/teh berlebihan, dan kebersihan mulut yang buruk.

BACA JUGA:Penelitian Terbaru: Olahraga Mampu Tingkatkan Kesehatan Mental Manusia Sejak Remaja

Noda atau luka berwarna putih pada lidah juga dapat menjadi tanda adanya pertumbuhan jamur berlebihan, yang bisa terjadi akibat diabetes, AIDS, penggunaan antibiotik, pengobatan kanker, penggunaan gigi palsu, merokok, atau mulut kering.

Dalam kasus yang lebih parah, noda atau luka ini juga bisa menjadi tanda adanya kanker mulut.

Sedangkan warna merah terang pada lidah bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti kekurangan vitamin B12, demam berdarah, atau radang tenggorokan.

Namun, perubahan warna lidah menjadi merah terang yang terus-menerus tanpa penyebab pasti juga harus diwaspadai karena bisa menjadi tanda adanya kondisi kesehatan yang serius.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: