Penelitian Terbaru: Ini Olahraga yang Terbukti Ampuh Meredakan Tingkat Stres di Otak Manusia

Penelitian Terbaru: Ini Olahraga yang Terbukti Ampuh Meredakan Tingkat Stres di Otak Manusia

Penelitian Terbaru: Ini Olahraga yang Cocok untuk Meredakan Tingkat Stres di Otak Manusia---Freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Sebuah penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa berolahraga memiliki manfaat yang signifikan dalam menenangkan otak dan mengurangi tingkat stres, terutama bagi individu dengan riwayat depresi yang rentan terhadap penyakit jantung.

Penemuan ini didasari oleh studi yang dilakukan oleh tim ahli dari Rumah Sakit Umum Massachusetts (MGH) di Boston, Amerika Serikat, yang hasilnya telah dipublikasikan di Journal of American College of Cardiology.

Menurut penulis utama studi tersebut, Ahmed Tawakol, seorang ahli jantung dari Pusat Penelitian Pencitraan Kardiovaskular di MGH.

"Aktivitas fisik mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular hingga dua kali lipat pada individu yang mengalami depresi."

BACA JUGA:Penelitian Terbaru: Olahraga Mampu Tingkatkan Kesehatan Mental Manusia Sejak Remaja

Penelitian ini melibatkan analisis data dari lebih dari 50 ribu orang dalam rentang waktu 10 tahun yang terdaftar dalam database Mass General Brigham Biobank.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta yang rutin berolahraga memiliki kemungkinan 23 persen lebih rendah untuk mengalami penyakit jantung, dibandingkan dengan yang kurang aktif secara fisik.


olahraga untuk autoimun-Foto-Pinterest

Selain itu, mereka juga menunjukkan tingkat aktivitas otak terkait stres yang lebih rendah, terutama dalam pengambilan keputusan di otak, yang dikendalikan oleh pusat impuls di korteks prefrontal.

Menurut Tawakol, menurunkan tingkat stres memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan kesehatan jantung, terutama bagi individu dengan riwayat depresi.

BACA JUGA:Makan Buah Alpukat Setiap Hari Buat Tubuh Semakin Sehat? Penelitian Ungkap Hasilnya

Dengan mengintegrasikan olahraga dalam gaya hidup mereka, individu dapat merasakan manfaat yang nyata bagi kesehatan otak dan jantung mereka.

Penemuan ini juga mendorong para dokter untuk menyampaikan pentingnya hubungan antara kesehatan otak dan jantung ketika memberikan saran medis kepada pasien tentang manfaat berolahraga.

Dengan demikian, upaya pencegahan penyakit jantung dapat ditingkatkan dengan memperhatikan kondisi kesehatan mental dan fisik secara menyeluruh.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: