Kenali 3 Penyakit yang Bisa Sebabkan Kepala Sering Pusing, Gangguan Cemas Termasuk?

Kenali 3 Penyakit yang Bisa Sebabkan Kepala Sering Pusing, Gangguan Cemas Termasuk?

Tips atasi sakit kepala-wayhomestudio-Freepik

1. Kecemasan berlebihan

Salah satu hal yang perlu kita perhatikan adalah bahwa kepala yang sering pusing bisa disebabkan oleh gangguan kecemasan spesifik. 

Terkadang, ketika seseorang mengalami tingkat kecemasan yang tinggi atau serangan panik, itu bisa memicu sensasi pusing yang berkepanjangan. 

Kondisi ini melibatkan gejala-gejala seperti denyut jantung yang cepat, sesak napas, atau perasaan tercekik yang semuanya dapat membuat ketidaknyamanan dan sensasi pusing.

BACA JUGA:Bukannya Senang, Mpok Alpa Malah Stress Saat Tahu Dirinya Hamil Anak ke-3

Serangan panik sendiri adalah pengalaman yang mendebarkan dan menakutkan yang bisa meningkatkan ketegangan dan ketidakpastian sehingga memperburuk rasa pusing. 

Kondisi ini bisa menjadi lingkaran setan di mana sensasi pusing bisa memicu kecemasan lebih lanjut, yang pada gilirannya dapat memperburuk pusing itu sendiri.

Selain itu, rasa takut yang berkaitan dengan serangan panik atau kecemasan juga dapat memicu reaksi fisik, seperti ketegangan otot atau pernapasan yang tidak teratur yang kemudian dapat menyebabkan kepala terasa pusing atau pening.

Penting untuk diingat bahwa ketika seseorang mengalami pusing yang terus-menerus dan diduga terkait dengan kecemasan atau serangan panik, penting untuk mencari bantuan medis atau dukungan profesional. 

BACA JUGA:Efektif dan Efisien, Cek 5 Cara Meningkatkan Skill dengan Cepat

2. Gula darah rendah

Kepala sering pusing dapat menjadi gejala dari hipoglikemia yang merupakan sebuah kondisi di mana kadar gula darah dalam tubuh turun di bawah level normal. 

Hipoglikemia sering terjadi pada penderita diabetes yang menggunakan insulin atau obat-obatan lain untuk mengatur kadar gula darah mereka.

Gejala hipoglikemia meliputi sensasi pusing yang dapat menjadi sangat mengganggu dan kadang-kadang juga disertai dengan kecemasan dan keringat berlebihan. 

BACA JUGA:5 Destinasi Wisata Edukatif yang Bisa Menambah Wawasan Anak Sekaligus Berlibur

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: