7 Tips Gaya Hidup untuk Mengurangi Risiko Kanker, Jangan Sepelekan!

7 Tips Gaya Hidup untuk Mengurangi Risiko Kanker, Jangan Sepelekan!

7 tips gaya hidup untuk mengurangi risiko kanker Anda-Lifestylememory-Freepik

- kanker serviks

- kanker ginjal

Tidak ada bentuk produk tembakau yang aman. Ini termasuk rokok, rokok elektrik, cerutu, tembakau kunyah, dan hookah atau pipa air. Produk vaping juga mengandung banyak karsinogen – meskipun pada tingkat yang lebih rendah – yang ditemukan dalam tembakau yang mudah terbakar. Perokok pasif juga meningkatkan risiko kanker.

Berhenti merokok adalah cara penting untuk membantu mencegah banyak penyakit kanker.

BACA JUGA:4 Tips Diet Ampuh Buat yang Merasa Berat Badan Naik Setelah Lebaran

2. Pertahankan berat badan yang sehat dan gaya hidup aktif


Ilustrasi kanker-ilustrasi-Pixabay

Tetap aktif dapat membantu mencegah kanker tertentu. Kelebihan berat badan mengakibatkan produksi dan sirkulasi lebih banyak estrogen dan insulin, dua hormon yang dapat mendorong pertumbuhan kanker. Mempertahankan berat badan yang sehat dapat menurunkan risiko kanker payudara, prostat, paru-paru, usus besar, dan ginjal.

American Institute for Cancer Research merekomendasikan setidaknya 150 menit olahraga sedang atau 75 menit olahraga berat setiap minggu untuk pencegahan kanker. Kombinasi olahraga sedang dan berat adalah yang terbaik. Berbuat sesuatu lebih baik daripada tidak sama sekali. Bahkan berjalan kaki singkat, bersepeda, atau bermain bola beberapa hari dalam seminggu untuk membuat tubuh Anda bergerak dapat membantu.

3. Perhatikan apa yang Anda makan dan minum

Hingga 50% kanker yang dapat dicegah disebabkan oleh makanan yang kita makan. Mengonsumsi pola makan nabati, membatasi jumlah daging merah yang Anda makan, dan membatasi konsumsi alkohol dapat membantu mencegah kanker tertentu.

Alkohol meningkatkan risiko berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara, usus besar, paru-paru, ginjal, dan hati. Peminum berat mempunyai risiko lebih tinggi terkena kanker.

Menurut pedoman dari American Cancer Society, sebaiknya hindari alkohol sama sekali. Orang yang memilih minum alkohol sebaiknya membatasi asupannya tidak lebih dari dua gelas per hari untuk pria dan satu gelas sehari untuk wanita.

BACA JUGA:Segini Jumlah Kendaraan yang 'Cabut' dari Jabodetabek Selama Arus Mudik 2024

4. Kenakan tabir surya

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: