7 Tips Gaya Hidup untuk Mengurangi Risiko Kanker, Jangan Sepelekan!

7 Tips Gaya Hidup untuk Mengurangi Risiko Kanker, Jangan Sepelekan!

7 tips gaya hidup untuk mengurangi risiko kanker Anda-Lifestylememory-Freepik

Kanker kulit adalah kanker paling umum di AS dan dunia. Lebih dari 9.500 orang Amerika didiagnosis menderita kanker kulit setiap tahunnya, menurut Skin Cancer Foundation. Kanker kulit juga merupakan kanker yang paling dapat dicegah.

Penggunaan tabir surya yang tepat sangat penting untuk mengurangi risiko kerusakan akibat sinar matahari dan kanker kulit. Bahkan dengan tabir surya, hindari berada di luar ruangan saat matahari tepat di atas kepala. Ini biasanya antara jam 10 pagi dan 4 sore. Jauhi tanning bed dan hindari paparan sinar matahari langsung dalam waktu lama.

5. Dapatkan vaksinasi

Melindungi terhadap infeksi virus tertentu dapat membantu melindungi terhadap kanker. Human papillomavirus (HPV), infeksi menular seksual (IMS) yang sangat umum, dapat menyebabkan kanker serviks. Vaksin HPV tersedia untuk orang berusia 26 tahun ke bawah. Ini melindungi terhadap 90% kanker yang disebabkan oleh HPV.

Hepatitis B adalah penyakit hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV). Vaksin hepatitis B tersedia untuk semua kelompok umur untuk mencegah infeksi HBV.

BACA JUGA:5 Tips Menjaga Kesehatan Setelah Halal Bihalal Lebaran Selesai, Jangan Sampai Sakit Lho!

6. Lakukan screening

Pemeriksaan diri secara teratur dan pemeriksaan kanker secara rutin dapat meningkatkan peluang Anda menemukan kanker sejak dini. Deteksi dini adalah kunci keberhasilan pengobatan kanker. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan tes skrining berikut untuk mencegah atau mendeteksi kanker sejak dini:

- Skrining kanker payudara

- Skrining kanker serviks

- Skrining kanker kolorektal

- Skrining kanker paru-paru

BACA JUGA:25 Link Twibbon Idul Fitri 2024, Ucapkan Maaf yang Tulus Kepada Kerabat Terdekat

7. Ketahui riwayat keluarga Anda

Mengetahui penyakit yang diturunkan dalam keluarga Anda memainkan peran penting dalam memahami risiko kanker Anda. Jika Anda memiliki riwayat keluarga yang mengidap kanker payudara, ovarium, rahim, atau kolorektal, Anda mungkin memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker ini.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: