Anak Kecanduan Gadget? Ini 8 Cara Mengatasinya

Anak Kecanduan Gadget? Ini 8 Cara Mengatasinya

Anak kecanduan gadget-freepik-Freepik

3. Batasi Penggunaan Gadget

Hal ini sebenarnya bisa kamu lakukan dari awal saat memperkenalkan gadget pada anak, namun jika sudah terlanjur kecanduan akan sedikit kesusahan dalam penerapannya.

Kamu bisa mengatur durasi bermain gadgetnya, misalnya 1 hingga 2 jam sehari. Dengan catatan buatlah gadget tersebut ramah anak yang bebas dari konten-konten negatif perusak pikiran anak, caranya adalah dengan menerapkan fitur mode terbatas (age-restricted) pada berbagai aplikasi yang diakses oleh anak.


Ilustrasi Seseorang sedang Bermain Smartphone-jcomp-Freepik

Penerapan batas penggunaan gadget juga bisa melatih anak untuk menjadi disipilin dan taat aturan, sebagai orang tua kamu juga harus tegas dalam penerapannya jangan berlindung dibalik kata 'tidak tega' dan membiarkan anak bermain gadget sesukanya bahkan hingga melawan.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Gemini 8 April 2024, Kamu Bebas Full Berekspresi Hari Ini

4. Perbanyak Aktivitas Luar Rumah

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak adalah melakukan aktivitas luar ruangan.

Aktivitas luar ruangan yang bisa kamu lakukan adalah mengajak anak bermain ke taman, mengunjungi banyak tempat bermain anak-anak, pergi ke museum atau pameran yang ramah anak dan lain sebagainya.

Untuk orang tua yang tidak bisa pergi keluar rumah karena terbatasnya waktu, hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan dalam lingkup rumah adalah mengajaknya berkebun, bermain dengan alam, hingga jalan-jalan berkeliling lingkungan rumah karena kadangkala yang anak butuhkan hanyalah peran orang tua dalam kegiatan hariannya.

BACA JUGA:Ramalan Shio Tikus Sepanjang 2024, Akan Ada Beberapa Tantangan Tahun Ini

5. Beri Pemahaman Akan Bahaya Menggunakan Gadget

Sebagai orang tua kamu harus paham betul bahwa hal terpenting dalam membentuk atau mengubah kebiasaan anak haruslah dengan diberikan pemahaman akan sebab-akibat.

Kamu bisa memberitahunya mengenai risiko terjadinya sakit mata yang bisa dialami si kecil. Bahkan tidak apa juga untuk membahas seberapa bahayanya dunia media sosial yang ada di dalam gadget, beritahukan juga pada anak kalau ada orang jahat yang melakukan aksinya di media sosial.

Ingat ya kamu harus memberikan pemahaman bukan ancaman, lalu buatlah kesepakatan dengan anak setelah berdiskusi yang menguntungkan semua pihak, dan selalu pastikan kamu mengawasi setiap hal yang anakmu pakai di dalam gadgetnya.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: