Anak Kecanduan Gadget? Ini 8 Cara Mengatasinya

Anak Kecanduan Gadget? Ini 8 Cara Mengatasinya

Anak kecanduan gadget-freepik-Freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Dunia yang saat ini berpusat pada teknologi membuat semua kalangan kecanduan untuk memainkannya, bahkan anak-anak pun ikut kecanduan.

Kecanduan gadget pada anak bisa mengganggu perkembangan dan pertumbuhannya, karena anak akan malas melakukan apapun seperti makan dan sekolah bahkan menunjukkan perlawanan saat gadgetnya diambil.

Meskipun gadget memiliki banyak manfaat seperti tontonan, permainan maupun sarana pendukung pendidikan bagi anak, namun jika terlalu sering bisa berdampak buruk. Berikut ini cara mengatasinya.

BACA JUGA:Kemacetan Horor Terjadi di Pelabuhan Merak Sepanjang 10 Km, Kapolri: Evaluasi!

1. Jadilah Contoh Untuk Anak

Pada dasarnya anak-anak suka mengikuti kebiasaan yang dilakukan oleh orang tua dan orang sekitarnya, misalnya kamu terbiasa memainkan gadget saat sedang makan atau bermain hinggga larut malam, kemungkinan besar anak sebagai peniru ulung dapat mengikutinya.

Kalau kamu sebagai orang tua ingin anak tidak berfokus pada gadget maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mencontohkan bijaknya bermain gadget.

Luangkan lebih banyak waktu bermain dengan anak secara real time dan singkirkan gadget dalam pelaksanaannya, jangan memainkan gadget tersebut di depan anak.

BACA JUGA:Lebaran Nanti Mau Ikut Sholat Ied Tapi Haid? Ini Hukumnya Dalam Islam

2. Buat Aktivitas Kreatif Yang Menyenangkan

Sebenarnya anak yang kecanduan gadget memilih untuk sering memainkannya karena dirasa asik dan tidak membosankan.

Sebagai orang tua kamu harus bisa mengalihkan pikiran anak dari gadget dengan membuat banyak aktivitas kreatif yang seru misalnya dengan mengajak anak belajar dengan konsep bermain yang fun, mengajaknya menggambar atau mewarnai hingga bersepeda bersama.

Kamu juga bisa mengajak teman anakmu untuk berkunjung dan bermain bersama, hal ini bisa meningkatkan komunikasi dan interaksi sosial pada anak.

BACA JUGA:Gerhana Matahari Total Terjadi Hari Ini 8 April 2024, Bagaimana Islam Memandangnya?

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: