Ustadz Adi Hidayat Jelaskan Cara Agar Wanita yang Berhalangan Tidak Berpuasa Tetap Bisa Dapatkan Pahala

Ustadz Adi Hidayat Jelaskan Cara Agar Wanita yang Berhalangan Tidak Berpuasa Tetap Bisa Dapatkan Pahala

aturan wanita yang haid-ustadz adi hidayat official-Youtube

"Dalam sebuah hadis dijelaskan, bahwa apapun yang didapatkan oleh orang-orang Islam itu yang sudah jelas untuk diikuti maka tidak perlu lagi mempersoalkan, diantaranya perempuan yang sedang haid itu dia meng-qadha puasanya, dan kemudian tidak perlu meng-qadha sholatnya," terang Ustaz Adi Hidayat.

Dalil yang lebih kuat tentang hukum wanita yang sedang haid terdapat dalam Al-Qur'an, Surah Al Baqarah ayat 184 yang artinya:

"(Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui,".

"Dalam hadis diatas ada yang termasuk golongan yang uzur karena sakit, maka haid itu dapat dikategorikan sedang sakit, maka dia perlu meng-qadha puasanya di waktu yang lain," tambah Ustaz Adi Hidayat.

BACA JUGA:Rekomendasi Skincare Korea untuk Wajah yang Lebih Glowing Natural, Remaja Wanita Bisa Pakai

"Bisa juga mengerjakan amalam-amalan lain seperti belajar tajwid, baca tafsir, kalau baca Qur'an tidak bisa, tetapi kalau dalam konteks belajar boleh, selain itu bisa juga belajar hukum-hukum bacaan dan sejarah Islam," demikian Ustaz Adi Hidayat.

Yuk para wanita yang sedang haid cari terus pahala di bulan suci Ramadhan ini.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: