Ibu Hamil Dilarang Makan Nanas, Mitos atau Fakta? Ternyata...

Ibu Hamil Dilarang Makan Nanas, Mitos atau Fakta? Ternyata...

manfaat nanas---Pixabay

BACA JUGA:3 Tips Tetap Semangat Selama Bulan Puasa, Pasti Lebih Segar dari yang Lain!

Penekanan ini mungkin berdasarkan penelitian atau pengalaman klinis yang menunjukkan adanya potensi risiko terkait konsumsi nanas selama kehamilan. 

Dalam memberikan rekomendasi ini, dr. Niken mungkin mengutamakan kehati-hatian untuk memastikan kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. 

Meskipun tidak dijelaskan secara rinci, klarifikasi tersebut mungkin mencakup potensi risiko yang terkait dengan kandungan tertentu dalam nanas, seperti enzim bromelain yang dapat merangsang kontraksi rahim. 

Meskipun konsumsi nanas mungkin dapat diterima dalam jumlah tertentu oleh beberapa ibu hamil, anjuran untuk menghindarinya mencerminkan pendekatan pencegahan yang diambil oleh banyak praktisi medis dalam merawat ibu hamil. 

BACA JUGA:Resep Sedap Bakso Ayam Jamur Tanpa Tepung, Enak dan Juga Sehat!

Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mematuhi saran tersebut dan berkonsultasi dengan dokter mereka untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan mereka serta perkembangan kehamilan mereka. 

Dengan memperhatikan saran dari para ahli, ibu hamil dapat meminimalkan risiko dan menjaga kesehatan mereka serta perkembangan janin dengan baik selama masa kehamilan.

"Nanas itu mengandung bromelin yang bersifat proteolitik, jadi memecah-mecah protein. Sementara dalam kandungan ibu hamil ada embrio yang tumbuh dan masih sangat rapuh," jelas dr. Niken, pada hari Sabtu, 2 Maret 2024.

Selain itu, dr. Niken juga memberikan saran kepada ibu hamil untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung alkohol, serta menegaskan pentingnya menjauhi buah durian selama masa kehamilan. 

BACA JUGA:7 Rekomendasi Warna Busana Lebaran Paling Trendy di 2024, Mana yang Paling Cocok?

Kedua rekomendasi ini menjadi bagian dari upaya untuk memastikan kesehatan dan keselamatan ibu hamil serta perkembangan janin dalam kandungan. 

Dalam memberikan saran ini, dr. Niken mungkin mempertimbangkan risiko yang terkait dengan konsumsi alkohol dan durian selama kehamilan, serta potensi dampak negatifnya terhadap kesehatan ibu hamil dan janin. 

Meskipun alkohol diketahui memiliki efek berbahaya bagi perkembangan janin dan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada bayi yang lahir, termasuk sindrom alkohol fetal, dampak dari konsumsi durian selama kehamilan belum sepenuhnya dipahami dengan jelas. 

Namun, buah durian memiliki kandungan gula dan lemak yang tinggi, serta dapat menyebabkan pencernaan yang berat, yang dapat mengganggu kenyamanan dan kesehatan ibu hamil. 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: