Si Kecil Kecanduan Gadget? Ini Tipsnya Agar Anak Tidak Main HP Terus

Si Kecil Kecanduan Gadget? Ini Tipsnya Agar Anak Tidak Main HP Terus

cara atasi anak kecanduan gadget-@halodoc-Instagram

Selain mengatur durasi penggunaan, orang tua juga dapat mengatur jadwal yang sesuai untuk anak menggunakan gadget seperti smartphone, laptop, dan televisi.

Selanjutnya, memberikan kebebasan kepada anak untuk memilih waktu kapan mereka ingin menggunakan perangkat elektronik tersebut, Anda dapat memberikan kebebasan penggunaan gadget sesuai dengan keputusan yang diambil oleh anak.

Hal ini bertujuan agar anak merasa terlibat dalam menentukan jadwal penggunaan gadget dan diharapkan dapat mengembangkan rasa tanggung jawab terhadap pilihan-pilihan yang mereka buat.

BACA JUGA:Sering Tidak Enak Badan? Konsumsi 3 Buah Ini Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

5. Memberikan Contoh Kepada Anak

Anak-anak cenderung meniru perilaku orang tua mereka daripada hanya mendengarkan kata-kata mereka, sebab itu orang tua harus memberikan contoh yang baik kepada anak.

Oleh karena itu, jika seorang ibu ingin mengatasi kecanduan gadget pada anak, sangat penting untuk menjadi teladan yang baik dengan mengurangi penggunaan smartphone secara berlebihan ketika berada di dekat anak. 

Sebaliknya, ibu dapat mempraktikkan kebiasaan positif dan sehat, seperti membaca buku, berpartisipasi dalam kegiatan olahraga, dan melakukan aktivitas lainnya sehingga anak dapat terinspirasi untuk melakukan kebiasaan yang sama.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: