Mengenal Aminah Cendrakasih Sosok 'Mak Nyak', jadi Ikon Google Doodle Hari Ini!

Mengenal Aminah Cendrakasih Sosok 'Mak Nyak', jadi Ikon Google Doodle Hari Ini!

Mengenal Aminah Cendrakasih Cendrakasih Sosok 'Mak Nyak' yang Menjadi Icon Google Doodle Hari Ini!-Tangkap Layar-Google

Aminah Cendrakasih Cendrakasih membintangi berbagai judul film seperti “Tjambuk Api”, “Habis Gelap Terbitlah Terang”, “Bertjinta dalam Gelap”, “Takdir”, “Butet”, “Patah Tumbuh Hilang Berganti”, “Benyamin Raja Lenong”, “Oma Irama Penasaran”, dan “Si Doel Anak Modern”.

Selain film, Aminah juga berperan dalam sejumlah sinetron, series, dan FTV, termasuk “Rumah Masa Depan”, “Si Doel Anak Sekolahan”, “Pintu Taubat”, “Diatas Sajadah Cinta”, “Gitu Aja Kok Repot!”, “Si Doel Anak Pinggiran”, hingga “Si Doel the Series”.

Atas dedikasinya yang luar biasa di dunia film, Aminah Cendrakasih menerima sejumlah penghargaan, termasuk Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional pada 1992, 

Satyalancana Kebudayaan dari Presiden Republik Indonesia pada 2016, Lifetime Achievement Award Festival Film Bandung 2012, Indonesian Movie Actors Awards 2013, dan Piala Maya 2018 atas film “Si Doel the Movie”.

BACA JUGA:Keutamaan Doa Saat Memasuki Waktu Jumat Sore, Ustadz Adi Hidayat: Langsung Terkabul!

Pada 21 Desember 2022, Aminah Cendrakasih meninggal dunia setelah melawan penyakit diabetes dan glaukoma dalam waktu yang cukup lama. Jenazahnya akhirnya dimakamkan di TPU Karet Bivak Jakarta.

Penampilan karismatiknya di sinema Serampang 12 semakin memikat penonton di seluruh Indonesia. Ketenaran Aminah terus meroket setelah itu. 

Selama beberapa dekade berikutnya, Aminah mendapatkan lebih dari 100 peran dalam acara dan film terkenal.

Perannya yang ikonik dan sangat dikenal lintas generasi adalah sebagai Mpok Lela atau biasa disapa Mak Nyak dalam serial "Si Doel Anak Sekolahan". 

BACA JUGA:Ini Waktu Tidur Terbaik untuk Tubuh dan Tips Mengaturnya, Jangan Lewat dari Jam 10 Malam?

Berkat kiprahnya, Aminah memenangkan banyak penghargaan, termasuk Lifetime Achievement Awards dari Festival Film Bandung dan Indonesian Movie Actors Awards.

Jenazahnya pun dimakamkan di TPU Karet Bivak Jakarta

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: