Intip 6 Cara Membantu Jaga Imunitas Tubuh Saat Musim Hujan Datang

Intip 6 Cara Membantu Jaga Imunitas Tubuh Saat Musim Hujan Datang

Cara jaga kesehatan tubuh-Ilustrasi-Pinterest

BACA JUGA:Resmi Jadi Tersangka, Firli Bahuri Jalani Pemeriksaan Perdana

Minum air putih memang tidak selalu melindungi tubuh dari kuman dan virus, tapi dapat mencegah tubuh dari  dehidrasi. Hati-hati, dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala dan menghambat kinerja fisik, fokus, suasana hati, pencernaan, dan fungsi jantung serta ginjal. Komplikasi yang diakibatkannya dapat meningkatkan kerentanan tubuh terhadap penyakit. 

4. Segera mandi jika kehujanan

Jika kamu kehujanan selama perjalanan dari luar rumah, maka sebaiknya segera mandi. Sebab air hujan yang membasahi tubuh dan pakaian bisa saja mengandung virus dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. 

5. Mencukupi Asupan Vitamin C dan Vitamin D

 BACA JUGA:Pakai Baju Hijau ke Pantai Selatan Bisa Langsung 'Hilang' di Laut? Simak Penjelasannya

Vitamin C dan vitamin D adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga sistem imun. Sehingga, penting bagi Anda untuk mencukupi kebutuhan harian vitamin C dan D, tak terkecuali pada musim hujan.

Kebutuhan vitamin C harian untuk wanita adalah 75 mg dan laki-laki sebanyak 90 mg.

Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C dengan mengonsumsi buah dan sayur seperti jeruk, stroberi, dan brokoli secara rutin.

Bila perlu, Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin C tambahan sesuai anjuran dokter.

6. Menjaga Kesehatan Mental

Hal terakhir yang penting untuk kamu perhatikan agar kondisi tubuh tetap prima pada musim hujan adalah menjaga kondisi kesehatan mental.

Meskipun kesehatan mental tidak terlihat secara fisik, akan tetapi hal ini seringkali memberikan dampak besar bagi kondisi tubuh.

Jika kondisi mental sedang tidak baik-baik saja, seperti mengalami stress berat, hal ini akan memberikan dampak buruk pada sistem kekebalan tubuh.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: