Ajaib! Utang Luar Negeri RI Tiba-Tiba Turun, Bank Indonesia: 'Struktur Tetap Sehat'

Ajaib! Utang Luar Negeri RI Tiba-Tiba Turun, Bank Indonesia: 'Struktur Tetap Sehat'

Utang Luar Negeri RI -Ilustrasi-

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID  Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan posisi ULN Indonesia pada akhir Agustus 2023 tercatat sebesar 395,1 miliar dolar AS atau Rp 6.205,3 triliun.

"Penurunan posisi ULN ini bersumber dari ULN sektor publik dan swasta," kata Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono dalam siaran pers, Senin (16/10/2023)

ULN Indonesia secara tahunan mengalami kontraksi pertumbuhan sebesar 0,8% (yoy), lebih dalam dibandingkan dengan kontraksi pada bulan sebelumnya sebesar 0,7% (yoy).

BACA JUGA:Timnas Inggris vs Italia, Siapa Pemenangnya?

ULN swasta terbesar bersumber dari sektor industri pengolahan, jasa keuangan dan asuransi, pengadaan listrik, gas, uap/air panas, dan udara dingin serta pertambangan dan penggalian, dengan pangsa mencapai 78,2 persen dari total ULN swasta.

ULN swasta juga tetap didominasi oleh ULN jangka panjang dengan pangsa mencapai 74,9 persen terhadap total ULN swasta.

Dengan ini, pemerintah memastikan struktur ULN Indonesia tetap sehat, didukung oleh penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya.

BACA JUGA:CATAT! Watak Perempuan Weton Kliwon yang Perlu Diketahui, Bisa jadi Manusia 'Cerewet'

Hal ini tecermin dari rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang turun menjadi 29,1 persen, dari 29,2 persen pada bulan sebelumnya, serta didominasi oleh ULN jangka panjang dengan pangsa mencapai 87,4 persen dari total ULN.

"Dalam rangka menjaga agar struktur ULN tetap sehat, Bank Indonesia dan Pemerintah terus memperkuat koordinasi dalam pemantauan perkembangan ULN, didukung oleh penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya.

Peran ULN juga akan terus dioptimalkan dalam menopang pembiayaan pembangunan dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional yang berkelanjutan, dengan meminimalisasi risiko yang dapat memengaruhi stabilitas perekonomian," terang Erwin.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: