Laptop dan Notebook Tidak Sama, Kamu Harus Tahu Perbedaannya!

Laptop dan Notebook Tidak Sama, Kamu Harus Tahu Perbedaannya!

Perbedaan Laptop dengan Notebook-Kelly Schmidt-Pe

Portabilitas

Laptop dan notebook saat ini masih memiliki daya tarik utama berupa portabilitas yang dioptimalkan. Ukuran laptop sangat beragam, menampilkan ukuran layar mulai dari 10 inci hingga 18 inci. Tergantung pada merek pabrikannya, laptop bisa berukuran ramping atau besar.

BACA JUGA:Laptop Cepat Panas Meski Baru Dipakai Sebentar, Cara Memperbaikinya Gimana? Cobain Tips Ini Deh!

2. Biaya

Laptop hadir dengan label harga yang berkisar antara $150 hingga $2,500 sedangkan notebook umumnya berkisar antara $150 dan $400. Masih banyak lagi variabel yang perlu dipertimbangkan saat menentukan harga sebuah laptop. Ukuran layar dan kekuatan pemrosesan hanyalah dua elemen yang sangat mempengaruhi harga laptop.

3. Performa dan kekuatan

Apa pun judulnya, performa dan daya komputer sepenuhnya ditentukan oleh CPU, GPU, RAM, kecepatan disk, dan fitur terkait lainnya.

Sebagian besar komputer modern dilengkapi dengan kekuatan pemrosesan dan tampilan yang memadai untuk memberikan kinerja berkualitas. Bahkan laptop dan notebook dengan harga lebih rendah menawarkan kekuatan pemrosesan yang memuaskan bagi pemula PC. Secara umum, semakin tinggi harga sebuah notebook atau laptop, semakin tinggi pula kualitas fitur yang Anda dapatkan.

BACA JUGA:Laptop LG Gram Fold Resmi Dirilis, Dilengkapi Prosesor Intel Core Generasi 13 Terbaru plus Layar Lipat: Harganya Bikin WAH!

4. Kegunaan

Laptop khas saat ini menawarkan solid state drive (SSD) 1TB dan kapasitas RAM 8GB hingga 12GB. Notebook pada umumnya dilengkapi dengan HDD 512GB dan kapasitas RAM 2GB hingga 4GB. Perbedaan mencolok ini melayani dua tipe konsumen yang berbeda.

Mereka yang memiliki kebutuhan komputasi berkekuatan tinggi untuk mengelola bisnis akan menemukan semua yang mereka cari di laptop. Mereka yang terutama menggunakan PC mereka untuk pembuatan dokumen dan browsing web akan paling cocok dengan notebook yang lebih sederhana.

Dengan semua kekuatan itu, daya tahan baterai laptop menjadi lebih lemah. Laptop pada umumnya bertahan antara 6 dan 10 jam tanpa kabel, sedangkan notebook pada umumnya bertahan antara 7 hingga 14 jam tanpa kabel.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: