Simak Dampak Buruk Penggunaan Lemon Secara Langsung untuk Masker Alami Wajah

Simak Dampak Buruk Penggunaan Lemon Secara Langsung untuk Masker Alami Wajah

Dampak bahaya pengolesan lemon secara langsung pada kulit.--Pexels

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Menggunakan lemon sebagai perawatan kulit sudah menjadi pengetahuan umum.

Kandungan tinggi vitamin C yang terdapat pada lemon diyakini dapat merawat kulit.

Namun, dalam kenyataannya, penggunaan lemon secara langsung pada kulit memiliki tingkat risiko yang tinggi.

BACA JUGA:Ini Alasan Kamu Harus Minum Air Lemon Sebelum Tidur!

Banyak tips-tips kecantikan yang menyarankan penggunaan lemon sebagai masker wajah agar kulit tampak cerah dan bercahaya.

Akan tetapi, fakta sebenarnya adalah penggunaan lemon secara langsung pada kulit justru dapat menyebabkan efek yang berlawanan.

Mengutip dari laman Alodokter.com, ada beberapa dampak buruk penggunaan lemon secara langsung pada kulit sebagai berikut:

1. Iritasi: Iritasi adalah efek umum yang terjadi pada awal penggunaan lemon pada wajah. Lemon mengandung asam yang tinggi sehingga tidak cocok untuk kulit wajah yang memiliki pH antara 4 hingga 5,5.

BACA JUGA:5 Manfaat Infused Water Lemon Bagi Kesehatan Tubuh, Nomor 3 Idola Para Kaum Hawa

2. Melemahkan penghalang kulit: Penggunaan lemon secara langsung pada wajah dapat melemahkan skin barrier atau lapisan pelindung kulit. Hal ini dapat menyebabkan kulit wajah menjadi lebih sensitif, rentan terhadap iritasi, alergi, serta mudah terbakar akibat paparan sinar matahari (sunburn).

3. Meningkatnya hiperpigmentasi: Kulit dengan skin barrier yang lemah lebih rentan mengalami hiperpigmentasi. Paparan sinar matahari yang terlalu intens dapat menyebabkan kulit mengalami lepuhan, yang kemudian berubah menjadi hiperpigmentasi atau bahkan jaringan parut.

4. Leukoderma: Penggunaan lemon secara langsung pada wajah tidak hanya memperburuk pigmentasi kulit, tetapi juga dapat mengurangi produksi melanin. Hal ini dapat menyebabkan wajah mengalami leukoderma, yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak putih yang semakin meluas (vitiligo), karena kekurangan senyawa melanin yang memberikan warna gelap pada kulit.

5. Phytophotodermatitis: Kondisi phytophotodermatitis adalah reaksi kulit akibat penggunaan langsung senyawa sitrus, seperti lemon atau jeruk nipis, yang terpapar sinar ultraviolet (UV). Efeknya, kulit akan mengalami peradangan, gatal-gatal, sensasi panas, dan kemerahan.

BACA JUGA:Lepas Masker di Ruang Terbuka Aman? Ini Kata Ahli

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: