5 Manfaat Infused Water Lemon Bagi Kesehatan Tubuh, Nomor 3 Idola Para Kaum Hawa

5 Manfaat Infused Water Lemon Bagi Kesehatan Tubuh, Nomor 3 Idola Para Kaum Hawa


Manfaat air lemon atau infused water lemon untuk kesehatan tubuh||Ilustrasi by Pixabay @photogrammer7

TRENDINGNEWS.ID - Lemon adalah salah satu jenis buah jeruk yang paling populer dan serbaguna. Buah ini populer karena rasanya yang menyegarkan dan aroma segarnya cocok untuk membumbui banyak resep, diolah menjadi infused water atau bahkan pewangi.

Manfaat infused water ternyata begitu banyak. Infused water saat ini sedang menjadi tren kesehatan di berbagai negara.

Banyak orang yang mengonsumsi air putih dengan tambahan potongan-potongan buah atau herbal. Minuman tersebut yang disebut infused water.

Infused water merupakan minuman air putih biasa yang telah ditambah atau direndam beberapa potongan buah atau herbal di dalamnya.

BACA JUGA:Gak Nyangka! 4 Manfaat ini Bisa Anda Rasakan Saat Memajang Tanaman ini di Ruang Kerja, Kok Bisa ya?

Buah yang digunakan pun sesuai dengan selera. Salah satu buah yang sering digunakan untuk infused water yaitu lemon.

Infused water lemon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat infused water lemon untuk kesehatan.

1. Kaya Vitamin C

Dilansir dari Honestdocs, minuman infused water lemon diketahui kaya akan vitamin C sehingga sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, infused water juga membantu menghasilkan collagen dalam jumlah besar.

Kollagen dibutuhkan tubuh untuk menunjang kesehatan gigi, tulang dan pembuluh darah. Vitamin C memiliki banyak manfaat untuk tubuh, oleh sebab itu mengonsumsi infused water yang kaya akan vitamin C baik dilakukan.

BACA JUGA:Yuk Jaga Stamina Kita, 3 Jus ini Dipercaya Dapat Meningkatkan Imun Tubuh di Masa Pandemi Covid-19

2. Membantu Menjaga Kesehatan Ginjal

Lemon mengandung asam sitrat yang dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. Ginjal memiliki peran yang sangat penting untuk mengatur jumlah cairan dalam tubuh agar tetap dalam batas yang diperlukan, mengeluarkan kotoran dari tubuh, dan mengatur tekanan darah.

Kandungan asam sitrat dalam lemon dapat mencegah terbentuknya batu ginjal. Hal ini dikarenakan asam sitrat dalam lemon dapat mencegah kristalisasi dan memungkinkan tubuh untuk mendetoksifikasinya, sehingga mencegah terbentuknya batu ginjal.

3. Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat infused water lemon yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Seseorang yang sedang melakukan program diet biasanya akan mengonsumsi minuman infused water lemon.

BACA JUGA:Panduan Cara Daftar BPJS Kesehatan dengan Mudah, Bisa Memanfaatkan 2 Metode ini Gaes

Dilansir dari Doktersehat, adanya kandungan pektin dalam lemon diklaim menjadi alasan utama. Pektin merupakan jenis serat yang dapat menimbulkan efek kenyang lebih lama.

Ahli gizi Mayo Clinic Healthy Living Program, Jason Ewoldt, RDN, LD mengatakan jika lemon memiliki tingkat kalori rendah. Tetapi, kadar pektin dalam lemon tergolong kecil yaitu hanya 2 gram.

+++++

Apalagi jika buah tersebut dipotong-potong, maka jumlahnya pun akan mengecil. Oleh sebab itu, jika hanya mengandalkan infused water lemon untuk diet merupakan kekeliruan. Pola hidup sehat dan olahraga pun tetap harus dijalankan.

4.  Manfaat air lemon atau water lemon untuk kesehatan tubuh||Pixabay @photogrammer7Melancarkan Pencernaan

Manfaat infused water lemon lainnya melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan tubuh mendapat asupan cairan yang cukup, sehingga proses pencernaan menjadi mudah dan lancar.

BACA JUGA:Catat ya, 7 Manfaat Serai Bagi Kesehatan Tubuh, Nomor 3 Penting Banget Nih!

Apabila Anda sedang mengalami masalah pencernaan, mengonsumsi infused water lemon dapat menjadi solusi yang tepat. Mengonsumsi infused water lemon dimaksudkan agar tubuh Anda senantiasa mendapat asupan cairan yang cukup.

5. Mengatur Kadar pH (Keasaman) dalam Tubuh

Salah satu manfaat infused water lemon yaitu mengatur kadar pH (keasaman) dalam tubuh. Kandungan asam sitrat dalam lemon dapat membantu mempertahankan pH dalam jumlah yang ideal.

Hal tersebut dapat membantu mencegah terjadinya penambahan berat badan, penyakit jantung dan penyakit yang berhubungan dengan masalah jantung lainnya. Seperti yang diketahui bahwa setiap sel tubuh terdiri dari air sehingga kadar pH sangatlah penting.

 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: