Hati-hati! 34 Aplikasi Android Ini Berpotensi Membobol Rekening Anda Loh

Hati-hati! 34 Aplikasi Android Ini Berpotensi Membobol Rekening Anda Loh

Rekomendasi HP 1 Jutaan Cocok Untuk Kantong Pelajar--Pexels

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Para peneliti telah menemukan 34 aplikasi pada perangkat HP Android yang berpotensi digunakan untuk membobol rekening korban.

Aplikasi-aplikasi ini terdeteksi mengandung malware Hook.

Malware Hook ini diciptakan oleh para peretas BlackRock dan ERMAC, yang juga merupakan pembuat virus perbankan untuk Android.

Kedua peretas ini memiliki reputasi yang cukup menakutkan.

BACA JUGA:Bikin Ngakak! Pria Ini Malah Santai Tanya Alamat Rumah Usai Keciduk Maling Sepeda, Reaksinya Bikin Geleng-Geleng Kepala 

BlackRock memiliki kemampuan untuk mencuri uang dan kata sandi melalui aplikasi perbankan, sedangkan ERMAC dapat mencuri informasi kontak dan ID bank pada dompet kripto.

Threat Fabric, perusahaan keamanan siber dari Belanda, menjelaskan bahwa Hook mampu melakukan eksfiltrasi data termasuk transaksi ke luar perangkat korban tanpa memerlukan saluran tambahan.

Kemampuan Hook tidak hanya terbatas pada pengurasan rekening, tetapi juga mencakup pencurian data dari perangkat HP korban. Contohnya, malware ini dapat mengunduh berkas tertentu dan menyimpan daftar yang disimpan di perangkat.

Selain itu, malware ini dapat menyimpan seluruh percakapan di WhatsApp serta mengirim pesan menggunakan akun korban.

BACA JUGA:Gampang Banget, Ternyata Ini Cara Lolos Tes Uji Emisi Kendaraan Sendiri

Keberadaan Hook telah terdeteksi di berbagai negara di dunia, termasuk Amerika Serikat, Australia, Polandia, Kanada, Turki, Inggris, Spanyol, Prancis, Italia, dan Portugal.

Berikut adalah daftar 34 aplikasi yang terdeteksi mengandung Hook:

1. Logo Design Maker

2. Funny Emoji Keyboard

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: