4 Tips Rawat Ban Mobil yang Sudah Pasti Dijamin Aman, Anti Bocor Bro!

4 Tips Rawat Ban Mobil yang Sudah Pasti Dijamin Aman, Anti Bocor Bro!

Cara rawat ban mobil-Ilustrasi-Pixabay

Beban semakin terasa ketika berkendara di jalanan yang kasar atau berbatu. Gesekan dengan permukaan jalan akan membuat lapisan ban tipis. Dengan demikian, ban tidak akan mampu tahan lama.

Oleh karena itu, berkendaralah dengan kecepatan standar. Hal itu akan menjaga ban tetap dalam kondisi terbaik.

3. Menjaga Tekanan Ban.

Setiap ban mobil pasti memiliki tingkat tekanan yang direkomendasikan oleh produsennya. Hal itu jangan diabaikan. Kalau ingin ban awet, selalu jaga tekanan ban agar pas.

BACA JUGA:Debat Polusi Udara di Jakarta: PLTU vs Asap Kendaraan Bermotor, Mana yang Salah?

Kalau tekanan ban berlebih atau over inflation, maka akan membuat bagian tengah ban cepat halus dan casing ban cepat rusak. Sedangkan kalau tekanan bannya kurang atau under inflation juga tidak baik. Ban bakal aus secara tidak merata, panas akan berlebih, dan memperburuk kendali kendaraan. Bukan hanya itu, tekanan ban yang tidak pas bisa membuat konsumsi bahan bakar lebih boros.

Untuk itu, rajin-rajinlah memeriksa tekanan ban. Aturlah sesuai standar yang direkomendasikan. Dengan itulah kualitas ban bisa tahan lama dan lebih awet, sehingga dapat digunakan sampai umur maksimal.

4. Jangan Sering Rem Mendadak

Untuk menjaga ban mampu berfungsi maksimal dalam jangka panjang, disarankan untuk mengurangi kebiasaan mengerem secara mendadak. Ketika pedal rem diinjak dengan keras, ban bekerja dengan cepat. Ban akan mencengkeram permukaan jalan untuk membantu pengurangan kecepatan. Hal ini membuat lapisan ban bakal terkikis.

BACA JUGA:Polusi Udara di Indonesia Makan Korban Baru, Bali Masuk Daftar!

Kalau pengereman mendadak dijadikan kebiasaan, maka ban bakal terus terkikis. Lama-kelamaan hal itu akan membuat lapisan ban berkurang. Ujung-ujungnya adalah ketahanan atau keawetan ban bakal berkurang.

Itulah beberapa tips menjaga kondisi ban mobil kalian utamakanlah keselamatan diri kalian dan juuga orang lain!

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: