Studi Terbaru: Olahraga Meningkatkan Umur Panjang dan Kualitas Hidup Orang Dewasa di Atas 65 Tahun

Studi Terbaru: Olahraga Meningkatkan Umur Panjang dan Kualitas Hidup Orang Dewasa di Atas 65 Tahun

Olahraga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan, terutama bagi orang dewasa di atas 65 tahun. --

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Olahraga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan, terutama bagi orang dewasa di atas 65 tahun. 

 

Penelitian dari Amerika Serikat (AS) menunjukkan bahwa orang yang rajin berolahraga aerobik dan menguatkan otot cenderung memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan dengan mereka yang kurang aktif atau tidak berolahraga sama sekali.

 

Layanan kesehatan Inggris (NHS) juga memberikan panduan yang serupa. 

 

Orang yang berusia 65 tahun ke atas disarankan untuk aktif secara fisik setiap hari, termasuk melakukan aktivitas yang meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan fleksibilitas minimal dua kali seminggu.

 

BACA JUGA:Jabodetabek Dilanda Polusi Udara! Ini Manfaat Jahe dan Madu untuk Mengatasi Batuk, Pilek, dan Sakit Tenggorokan

 

Setidaknya, 150 menit aktivitas intensitas sedang per minggu atau 75 menit aktivitas intensitas tinggi jika sudah memiliki kebiasaan berolahraga sebelumnya.

 

Studi tersebut menemukan bahwa orang yang berolahraga sedang selama 150 menit per minggu memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan dengan yang tidak berolahraga. 

 

Bahkan, mereka yang menggabungkan latihan aerobik secara teratur dengan aktivitas penguatan otot sekali atau dua kali seminggu memiliki risiko kematian 47% lebih rendah dari penyebab apa pun, selain kanker, selama sembilan tahun ke depan. 

 

Melakukan latihan angkat beban saja dapat menurunkan risiko kematian hingga 9-22%, sedangkan latihan aerobik dapat menguranginya hingga 24-34%.

 

BACA JUGA:Pecundangi Sevilla, City Raih Trofi UEFA Super Cup

 

Latihan aerobik, seperti berjalan cepat, lari, bersepeda, dan berenang, terbukti bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Studi ini juga menemukan bahwa wanita lebih banyak mendapat manfaat dari latihan penguatan otot dibandingkan pria.

 

Latihan penguatan otot tidak harus dilakukan di gym. Aktivitas seperti membawa tas belanja berat, yoga, pilates, Tai Chi, angkat beban, olahraga dengan band resistensi, dan berkebun juga dapat membantu memperkuat otot.

 

Hal ini memberikan manfaat untuk menjaga tubuh tetap ramping dan tulang lebih kuat, yang pada gilirannya berkontribusi pada kesehatan yang lebih baik di usia tua.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: