Survei LSN: Publik Ingin AHY Jadi Cawapres Anies Baswedan

Survei LSN: Publik Ingin AHY Jadi Cawapres Anies Baswedan

Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).-Foto: Disway-

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Dalam survei terbaru yang dilakukan oleh Lembaga Survei Nasional (LSN) pada tanggal 26 Juli 2023, tiga nama calon kuat untuk posisi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Anies Baswedan dalam Pilpres 2024 telah terungkap.
 
Ketiga nama tersebut adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum Partai Demokrat, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan Ketua Bappilu PPP, Sandiaga Uno.
 
Hasil survei menunjukkan bahwa AHY mendapatkan persentase dukungan tertinggi dari publik, yaitu sebesar 19,5 persen, sebagai sosok yang paling tepat untuk menjadi cawapres pendamping Anies Baswedan.
 
"Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dinilai oleh 19,5 persen publik sebagai sosok yang paling tepat," ungkap Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry.
 
Di posisi kedua, Ridwan Kamil memperoleh dukungan sebesar 17,5 persen.
 
 
Sementara itu, Sandiaga Uno dan Khofifah Indar Parawansa menempati urutan selanjutnya dengan masing-masing 15,2 persen dan 11,8 persen.
 
Alasan utama di balik popularitas AHY sebagai sosok ideal untuk mendampingi Anies Baswedan adalah karena representasi dari Partai Demokrat yang merupakan salah satu partai pengusung Anies.
 
Pengusungan Anies Baswedan dianggap berpotensi gagal jika AHY tidak dipilih sebagai cawapres, karena kemungkinan besar Partai Demokrat akan mencabut dukungannya.
 
Hal ini dapat berdampak pada stabilitas Koalisi Perubahan yang mendukung Anies menuju Pilpres 2024.
 
Survei dengan judul "Dinamika Peta Dukungan terhadap Tiga Capres Papan Atas dan Arah Dukungan Massa Jokowi Jelang Pemilu 2024" dilakukan dari 10 hingga 19 Juli 2023 di 34 provinsi di seluruh Indonesia.
 
 
Sampel survei melibatkan 1420 responden yang berusia minimal 17 tahun, yang dipilih dengan teknik pengambilan sampel secara acak berjenjang (multistage random sampling).

Anies Baswedan dan AHY.-Foto: Disway-
 
Hasilnya memiliki margin of error (MoE) sekitar 2,6 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen, dan data divalidasi berdasarkan data kependudukan dari BPS.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: