Pakai Bra Saat Tidur Dapat Sebabkan Kanker Payudara? Ini Fakta yang Sebenarnya

Pakai Bra Saat Tidur Dapat Sebabkan Kanker Payudara? Ini Fakta yang Sebenarnya

Foto: Ilustrasi by Pixabay-waldryano-Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Sebagian wanita beranggapan bahwa tidur dengan mengenakan bra dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Bahkan tak sedikit yang menyebut bahwa tidur menggunakan bra dapat memicu kanker payudara.

Lantas, apakah benar menggunakan bra saat tidur sangat berbahaya untuk tubuh? simak fakta dan penjelasan selengkapnya.

BACA JUGA:Tips untuk Menjaga Kesehatan! Ini 5 Bahan Makanan yang Harus Dikurangi oleh Penderita Obesitas

Faktanya, mengenakan bra saat tidur belum terbukti yang mendukung anggapan tersebut. Tidak ada data yang menyebutkan bahwa mengenakan bra ketika tidur menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, yaitu kanker payudara, sirkulasi darah menjadi buruk, atau pertumbuhan payudara menjadi terhambat.

Hal serupa diungkapkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, bahwa pemakaian bra saat tidur tidak ada hubungannya dengan kanker payudara. Dilansir dari laman resminya, Kominfo menyebut bahwa memakai bra saat tidur memicu kanker adalah hoaks.

Adapun faktor yang meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara diantaranya adalah:

  • Memiliki kelebihan berat badan atau kegemukan.
  • Kebiasaan minum minuman beralkohol.
  • Kurang aktif dalam beraktivitas fisik atau olahraga.
  • Bertambahnya umur.
  • Memiliki keluarga dengan riwayat kanker payudara.
  • Pernah menderita penyakit kanker.
  • Tidak mempunyai keturunan.

BACA JUGA:Ternyata Tertawa Menghasilkan 4 Manfaat Kesehatan Ini, Yuk Bikin Happy!

Sementara itu, memakai bra sepanjang hari bahkan hingga tertidur memiliki banyak manfaat. Diantaranya yaitu diyakini dapat mencegah payudara mengendur, karena menggunakan bra mampu menjaga struktur payudara, terutama ligamen Cooper yang berperan penting dalam memberikan bentuk pada payudara.

Selain itu, penggunaan bra juga dapat mengurangi keluhan nyeri punggung, terutama jika payudara berukuran agak besar. Berikut tips agar nyaman ketika memakai bra saat tidur:

1. Disarankan untuk menggunakan bra yang terbuat dari kain katun atau serat alami, agar sirkulasi udara di sekitar payudara berjalan dengan baik. Pilihlah jenis kain yang lembut, sehingga memungkinkan payudara untuk bergerak dengan bebas saat tidur.

2. Hindari menggunakan bra yang terlalu ketat, karena dapat menyebabkan iritasi pada payudara. Jangan pula menggunakan bra yang terlalu longgar, karena tidak akan menyokong payudara dengan baik dan justru membuat tidur menjadi tidak nyenyak.

BACA JUGA:Tak Hanya Lari Pagi, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Lari Sore untuk Kesehatan Anda!

3. Jika tidak ingin menggunakan bra saat tidur, kamu juga bisa menggunakan piyama dengan bagian atas yang telah didesain seperti bra.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: